Tingkatkan Kapasitas, Garuda Pakai Airbus A330-200 untuk Rute Manado-Jakarta PP

JAKARTA/MANADO – Untuk menaikkan kapasitas serta mendukung sektor pariwisata lokal, memperbarui armada mereka untuk rute Manado-Jakarta PP. Mulai tanggal 8 November 2019 kemarin, penerbangan tersebut dilayani menggunakan pesawat Airbus A330-200 untuk menggantikan Boeing 737-800 yang dipakai sebelumnya.

Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta - www.tribunnews.com

Pesawat Garuda Indonesia di – www.tribunnews.com

“Langkah itu sebagai bagian dari instruksi pemerintah untuk mendukung lima destinasi super prioritas, salah satunya Sulawesi Utara (Sulut). Dengan menggunakan kapasitas pesawat yang lebih besar, jumlah kunjungan turis diharapkan akan meningkat,” tutur General Manager Garuda Indonesia cabang Manado, Mac Fee Kindangen, dilansir Bisnis. “Selain itu, kami juga mengakomodasi dan menambah kepada konsumen.”

Dijelaskan Mac Fee, dibandingkan pesawat Boeing 737-800, kapasitas angkut Airbus A330-200 memang jauh lebih besar. Pesawat berbadan lebar itu memiliki kapasitas 36 kursi kelas bisnis dan 186 kursi kelas ekonomi. Sementara, Boeing 737-800 hanya mampu menampung 12 kursi kelas bisnis dan 150 kursi kelas ekonomi.

“Tidak hanya menambah kapasitas penumpang, ruang yang tersedia untuk kargo juga meningkat. Airbus A330-200 mampu membawa kargo 16 ton hingga 20 ton,” sambung Mac Fee. “Penambahan kapasitas kargo akan mendukung ekspor Sulut. Dengan demikian, hal itu akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat di Bumi Nyiur Melambai.”

Dilansir dari berbagai situs pemesanan online, penerbangan langsung Manado menuju Jakarta dilayani Garuda Indonesia dengan pemberangkatan paling pagi pada pukul 06.10 waktu setempat dari Bandara Sam Ratulangi. Setelah menempuh sekitar 3 jam 15 menit, pesawat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Sementara, pemberangkatan berikutnya pada pukul 16.15 waktu setempat dan tiba pada pukul 18.35 WIB.

Beberapa waktu lalu, Mac Fee sempat mengatakan bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menambah frekuensi penerbangan rute Manado-Jakarta. Kalau permintaan bagus dan jumlah penumpang selama tahun ini mengalami pertumbuhan, penambahan penerbangan tersebut dijadwalkan pada pukul 11.00 WITA dari Manado.