Fatal, AP II dan Otoritas Bandara Soetta Selidiki Kesalahan Prosedur Lion Air

Jakarta – Kasus kesalahan prosedur di Soekarno Hatta yang dilakukan oleh beberapa waktu lalu mendapat perhatian serius dari PT Angkasa Pura II selaku pengelola. AP II beserta otoritas kini tengah menyelidiki kasus ini dan akan mulai memanggil sejumlah pihak terkait untuk diinvestigasi.

penumpang asing lion air - ituberita.info

penumpang asing lion air – ituberita.info

Menurut penelisikan Alvin Lie, seorang pengamat , sedikitnya ada empat pihak yang berkontribusi menyebabkan terjadinya kesalahan prosedur oleh Lion Air.

“Satu, dari pihak Lion Air. Dua, dari pihak yang mengatur bagasi dan sebagainya. Juga dari pihak Angkasa Pura, bagaimana pengawasannya? Satu lagi pihak otoritas bandara,” gerutu Alvin.

Peristiwa lolosnya penumpang asing beserta barang bawaannya dari pemeriksaan, menurut Alvin, merupakan insiden yang serius. Sebab, jika ada diantara penumpang tersebut yang membawa barang-barang berbahaya, maka akan sangat berbahaya akibatnya.

“Saya menilai peristiwa ini sangat serius, karena bisa meloloskan tanpa melalui imigrasi dan barang tanpa melalui bea cukai. Kalau manusia dan barang yang dilarang atau berbahaya masuk tanpa pengawasan, dampaknya akan serius,” kata Alvin.

Alvin menilai, ada yang tak beres dalam koordinasi antara lembaga terkait yang bertugas melakukan pengawasan di Bandara Soekarno-Hatta.  Untuk itu, perlu dilakukan peninjauan kembali pada sistem operasional di Bandara Soetta. Tak lupa, Alvin juga menyarankan agar pihak maskapai Lion Air mengevaluasi internal manajemennya, agar kesalahan fatal semacam ini tak terulang kembali.

“Saya kira perlu meninjau kembali sistem operasional di bandara Soekarno-Hatta untuk mencegah hal-hal seperti ini terjadi ke depan. Lion Air juga, ini kan kelalaian yang sengat serius, perlu dievaluasi mereka,” pungkas Alvin.