Ada Fasilitas Taksi Terbang di Bandara Soekarno-Hatta, Tarifnya Mulai Rp8 Juta

– PT Whitesky Aviation menyediakan helicity atau taksi terbang berupa helikopter yang siap untuk mengantar masyarakat dari Internasional , Tangerang, Banten ke 72 titik yang berada di sekitar Jakarta dan kawasan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), serta sebaliknya. Layanan transportasi udara ini sebenarnya sudah beroperasi sejak Agustus 2020 lalu.

Fasilitas Taksi Terbang di Bandara Soekarno-Hatta

Taksi Terbang di Bandara Soekarno-Hatta – katadata.co.id

“Nantinya misi yang kita bisa layani di sini bukan hanya heli untuk VIP, namun juga Helicity yang bisa dianggap sebagai bertarif terjangkau atau no frills flight,” kata CEO Whitesky Aviation Denon Berri Klinsky Prawiraatmadja di Jakarta, Jumat (26/2), seperti dilansir Republika.

Denon menjelaskan, layanan taksi terbang atau helicity tersebut disediakan untuk melakukan pemutakhiran Bandara . “Salah satunya bangun multimoda Bandara . Karena kita tahu ini best . Ini bisa jadi model helicity atau taxi sebagai multimoda yang bisa dibangun di bandara,” papar Denon.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Indonesia National Air Cartier Association (INACA) ini menerangkan, Whitesky Aviation sudah menjalin kerja sama dengan PT Angkasa Pura (AP) II selaku pihak pengelola Bandara Soekarno-Hatta untuk menyediakan helikopter atau heliport sebagai lokasi taksi terbang. “Jadi tujuan dari heliport ini adalah untuk mengakses masyarakat yang ingin menuju airport atau dari airport ke tengah kota dengan menggunakan connecting flight,” ungkapnya.

Heliport untuk helicity tersebut berlokasi di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, tepatnya di sisi luar selatan. Heliport taksi terbang dibangun di atas lahan seluas 3 hektare dan mempunyai satu shooting point dengan 7 parking stand. Heliport tersebut mempunyai kapasitas maksimum weight helikopter 12 ton.

Tersedia penerbangan VIP yang dilayani helikopter bermesin ganda dan layanan penerbangan helicity yang harganya relatif lebih terjangkau. “Kita sendiri punya aplikasi yakni Helicity apps yang akan menampilkan jarak dan waktu tempuh penerbangan dari heliport Helicity di kawasan Bandara Soetta ke 72 titik di sekitar Jakarta dan Bodetabek,” terang Denon.

Helicity bisa mengangkut 3-4 , sedangkan layanan VIP dapat mengangkut 4-8 . “Jadi harganya antara Rp8 juta-Rp20 juta untuk yang helicity. Tapi untuk yang chartered flight itu di atas Rp20 juta. Kalau helicity 3-4 passengers, kalau yang chartered flight dari 4-8 ,” tandas Denon.