Emirates Buka Penerbangan Terbatas ke Jakarta untuk Pulangkan WNI

Jakarta Emirates kembali mengoperasikan ke Jakarta, Manila, Taipei, Chicago, Tunis, Algiers, dan Kabul selain penerbangan ke London dan Frankfurt. Penerbangan terbatas ke Jakarta ini disediakan untuk memfasilitasi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin kembali ke Jakarta pada 15 April 2020.

Maskapai Emirates - m.kiblat.net

Maskapai Emirates – m.kiblat.net

Beberapa waktu lalu, sesuai arahan pemerintah UEA untuk melindungi warganya terhadap penyebaran (Covid-19), Emirates menangguhkan seluruh penerbangan untuk sementara mulai tanggal 25 Maret 2020. “Penumpang harus mengikuti semua tindakan kesehatan dan keselamatan yang disyaratkan oleh otoritas UEA dan negara tujuan,” demikian bunyi pernyataan Emirates, Kamis (16/4).

Lebih lanjut maskapai yang berbasis di Dubai ini menegaskan bahwa tidak ada proses check-in online, pemilihan tempat duduk tersedia, serta layanan seperti sopir dan ruang tunggu di salah satu tujuan. Di samping itu, tak akan ada majalah dan bahan bacaan cetak lainnya selama perjalanan. Sedangkan untuk layanan makanan dan minuman tetap ditawarkan dalam pesawat, tetapi dengan bentuk pengemasan yang dimodifikasi untuk mengurangi kontak selama pelayanan makanan dan risiko infeksi.

Penumpang pun tak akan diberi bagasi kabin dalam penerbangan ini. Barang bawaan yang boleh masuk dalam kabin terbatas pada laptop, tas tangan, tas kantor, atau barang bayi. Barang-barang selain itu harus masuk bagasi check-in dan Emirates akan menambah jatah bagasi kabin ke jatah bagasi check-in penumpang.

Penumpang pesawat Emirates pun harus menerapkan pedoman jarak sosial selama perjalanan dan memakai masker sendiri saat berada di dan dalam pesawat. Penumpang diharuskan tiba di Terminal 3 Dubai untuk check-in 3 jam sebelum keberangkatan.

Adapun konter check-in Emirates hanya akan memproses penumpang yang memegang pemesanan yang telah dikonfirmasi ke tujuan di atas. Seluruh pesawat Emirates juga melalui proses pembersihan dan disinfeksi yang ditingkatkan di Dubai, setelah setiap penerbangan.

Pemesanan dan penerbangan bisa dilakukan lewat website resmi emirates.com atau lewat agen perjalanan. Pihak Emirates menegaskan jika hanya warga negara tujuan dan mereka yang memenuhi persyaratan masuk yang diizinkan untuk naik pesawat. Penumpang juga diminta patuh terhadap syarat dari masing-masing negara.