Dua Minggu lagi Beroperasi, T3 Ultimate Soetta belum punya Pipa Avtur

Tangerang – Menginjak dua minggu jelang pengoperasian Bandara Soekarno Hatta, masih tersisa satu elemen yang belum selesai dikerjakan, yakni pipa avtur. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah 1 Soekarno-Hatta, Herson, Selasa pagi (31/5).

“Pipa buat avtur pesawat itu belum jadi, masih dikerjakan. Padahal, sebentar lagi harus beroperasi, sesuai permintaan Pak Presiden, untuk melayani yang akan ,” terang Herson.

[foto: Andri Sahputra]

[foto: Andri Sahputra]

Pipa avtur sendiri merupakan instrumen pendukung untuk pengisian bahan bakar pesawat yang idealnya harus ada di sebuah bandara, apalagi sekelas Bandara Internasional Soekarno Hatta. Herson menjelaskan, pengerjaan pipa bahan bakar untuk pesawat terbang ini hingga kini masih dalam tahap pengerjaan, dan diperkirakan selesai tidak dalam waktu dekat.

“Ini memang jadi kendala sendiri. Pengerjaan pipanya diperkirakan baru akan selesai setelah Lebaran nanti,” lanjutnya.

Sebagai solusi sementara sambil menunggu pengerjaan pipa avtur di T3 Ultimate selesai, akan digunakan truk tangki sebagai pengantar dan kendaraan pengisi avtur.

“Presiden RI pun ingin terminal ini sudah mulai beroperasi pada bulan Juni. Solusi yang ada sementara ini adalah memanfaatkan truk tangki untuk mengantar dan mengisi avtur,” pungkas Herson.

Untuk diketahui, Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta akan mulai dioperasikan pada 15 Juni 2016 nanti. Meski begitu, sarana dan prasarana diperkirakan baru akan selesai sepenuhnya pada awal tahun 2017 mendatang.