Dongkrak Wisman, T1 & T2 Bandara Soekarno-Hatta Dijadikan Terminal LCC

JAKARTA – Segala upaya dilakukan untuk mendongkrak kunjungan yang jumlahnya belum memuaskan. Salah satunya adalah mengembangkan 1 menjadi Terminal full LCCT untuk , sedangkan Terminal 2 bakal dikembangkan menjadi Terminal full LCCT untuk domestik dan internasional.

Suasana di Terminal Bandara Soekarno-Hatta

Suasana di Terminal Bandara Soekarno-Hatta – perfectoutdoormedia.com

“LCC adalah senjata ampuh untuk mendorong pertumbuhan jumlah wisatawan asing, karena maskapai berbiaya rendah ini menyumbang kontribusi peningkatan kunjungan turis luar negeri sebanyak 20 persen,” ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya. “LCC merupakan salah satu penentu utama keberhasilan target kunjungan 20 juta wisman pada tahun 2019.”

Sepanjang tahun 2018 kemarin, jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia mencapai 15,81 juta orang. Meski jumlah ini meningkat sekitar 12,58 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 14,04 juta orang, namun itu belum mencapai jumlah target yang ditetapkan pemerintah, yaitu sebanyak 17 juta wisatawan asing.

Sederetan bencana alam yang melanda berbagai wilayah Indonesia menjadi faktor utama yang menyebabkan target terkoreksi, mengingat bencana terjadi di destinasi-destinasi favorit wisman. Erupsi Gunung Agung, gempa Lombok, tsunami Palu, hingga tsunami Selat Sunda pada akhir tutup tahun kemarin mendorong terjadinya penurunan perjalanan wisman.

Menurut kebangsaan, negara Malaysia menjadi penyumbang terbanyak dengan total mencapai 2,50 juta wisatawan asing, atau 15,83 persen dari jumlah kunjungan. Wisatawan asal Negeri Jiran menggeser jumlah wisatawan dari China yang melorot ke urutan kedua yang mencapai 2,14 juta orang atau 13,52 persen dari total keseluruhan. Kemudian, berturut-turut, ada wisatawan asal Singapura (1,77 juta orang), Timor Leste (1,76 juta orang), dan Australia (1,30 juta orang).

Sementara itu, kunjungan wisman 2018 berdasarkan wilayah pasar, wisman dari kawasan ASEAN memiliki persentase kenaikan paling tinggi sebesar 20,60 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Setelah itu, ada wisatawan asal Eropa yang mengalami pertumbuhan 1,76 persen dan turis asal Amerika yang mengalami pertumbuhan 5,71 persen.