Dirjen Bea Cukai Tinjau Layanan di Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta – Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Askolani bersama jajaran pejabat eselon I Kemenkeu meninjau pelayanan dan pengawasan di , Tangerang, Banten untuk pertama kalinya.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta - id.wikipedia.org

Bandara Internasional Soekarno-Hatta – id.wikipedia.org

Askolani menilai bahwa Kantor Bea Cukai Bandara Soetta mempunyai peran penting dalam penanganan pandemi (Covid-19) dan pemulihan ekonomi nasional. Oleh sebab itu, Askolani meminta jajarannya untuk terus meningkatkan pelayanan demi memulihkan sekaligus memperkuat perekonomian.

“Peningkatan demi peningkatan harus kita lakukan bersama demi mencapai target sebab institusi kita memegang peran penting dalam ekonomi yang mana hal ini sedang kita kuatkan,” papar Askolani, Selasa (6/4), seperti dilansir DDTC.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan menerangkan pentingnya sinergi internal atau eksternal guna meningkatkan kinerja dalam menghadapi tantangan yang semakin tinggi, terutama dalam mencapai target penerimaan di tengah program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Ada sejumlah titik fokus, yakni menjadikan Bea Cukai Soekarno-Hatta sebagai kantor dengan 24/7 (24 jam sehari, 7 hari hari sepekan). Bea Cukai Soekarno-Hatta pun terus berusaha membenahi sistem supaya mampu memberi yang terbaik untuk para pengguna jasa. Pasalnya, intensitas barang kiriman yang melewati Bandara Soekarno-Hatta memang cukup banyak. “Maka dari itu, petugas pemeriksa fisik maupun peneliti dokumen harus cermat, teliti, serta cepat sehingga barang tersebut bisa dengan segera sampai ke pemilik,” jelas Finari.

Askolani juga mengapresiasi Bea Cukai Soekarno-Hatta atas prestasi melaksanakan pengelolaan anggaran keuangan negara dengan sangat baik. Terbukti dari penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Bea Cukai Soekarno-Hatta yang mencapai angka 100.

Pada kunjungannya, rombongan dirjen dan eselon I Kemenkeu juga mengunjungi sejumlah titik pelayanan dan pengawasan, seperti gudang pemeriksaan fisik barang impor, gudang tempat penimbunan pabean, serta gudang pemeriksaan barang kiriman. Dalam kunjungan tersebut, diperlihatkan juga proses pemeriksaan fisik barang impor, pemeriksaan x-ray, serta penelitian dokumen barang kiriman oleh petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta.