Diputuskan Bulan Ini, Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta Maksimal Rp100 Ribu

JAKARTA – Kereta Internasional ditargetkan dapat dioperasikan pada tanggal 25 November 2017 mendatang. Nah, untuk kereta tersebut, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan, mematok harganya berada di kisaran Rp75.000 hingga Rp100.000 per orang dan segera diputuskan pada bulan Oktober ini.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta - liputan6.com

Kereta Bandara Soekarno-Hatta – liputan6.com

“Kami (pemerintah, , dan ) masih berdiskusi soal kereta bandara dan akan kami selesaikan pada bulan ini,” jelas , Budi Karya Sumadi, ketika meninjau pengerjaan kereta bandara di Batu Ceper, Tangerang, Sabtu (7/10) lalu. “Tetapi, kisaran harga tiket sekitar Rp75 ribu hingga Rp100 ribu.”

Budi menambahkan bahwa kisaran tarif tiket kereta bandara tersebut masih wajar karena pengguna transportasi ini diperkirakan mayoritas kalangan menengah ke atas. Di samping itu, masyarakat juga diprediksi tidak menggunakan angkutan tersebut sebagai transportasi harian. “Ini (tiket kereta) tidak ada subsidi dan full dari mereka (PT Railink),” sambung Budi.

“Progres kereta Bandara Soekarno-Hatta sendiri hingga saat ini telah mencapai 90 persen,” lanjut Budi. “Kami optimistis bahwa kerja sama antara PT Angkasa Pura II dengan PT KAI ini akan selesai sesuai target, yaitu tanggal 25 November mendatang.”

Sementara itu, Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto, menambahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan 10 train set KRL (EMU atau electrical multiple unit) untuk kereta Bandara Soekarno-Hatta. Dari 10 train set tersebut, saat ini dua train set telah lulus pengujian dan sertifikasi dari DJKA dan sudah siap beroperasi. Sementara, delapan train set lainnya sedang dalam proses pengujian dan dalam waktu dekat juga siap beroperasi.

“Setiap rangkaian terdiri dari enam kereta dengan 272 dan semua dipastikan duduk, tidak ada yang berdiri,” jelasnya. “Fasilitas yang disediakan meliputi tempat duduk yang nyaman, full AC, akses Wi-Fi high speed, hingga fasilitas toilet yang mirip di pesawat untuk setiap kereta.”