Dioperasikan saat Arus Mudik Lebaran, T3 Ultimate Urai Kepadatan penumpang Bandara Soetta

Tangerang Soekarno-Hatta ditargetkan memulai tahap awal pengoperasiannya pada 20 Juni 2016. Bersamaan dengan arus mudik lebaran, kehadiran Terminal 3 Ultimate diharap mampu mengurangi penumpukan di Terminal 2.

angkasa pura budi karya sumadi - indo-aviation.com

angkasa pura budi karya sumadi – indo-aviation.com

“Kita harapkan (kepadatan) Terminal 2 dengan berkurang kira-kira 6.000 penumpang per hari, lumayan kurangi beban Terminal 2,” ujar Budi Karya Sumadi, Dirut PT Angkasa Pura II, saat menghadiri simulasi operasional T3U Bandara Soetta, Minggu (12/6).

Operasional tahap awal T3 Ultimate akan dibuka oleh Garuda Indonesia dengan 3 destinasi , yakni menuju Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Terminal 3 Ultimate diperkirakan mampu menampung sekitar 3 juta penumpang setahun dalam tahap awal operasionalnya. Jumlah ini akan terus meningkat hingga mencapai angka 25 juta penumpang per tahun seiring dengan kesiapan T3 Ultimate untuk dioperasikan secara keseluruhan.

“Kita ingin operasi bertahap. Kita lakukan soft operation sebelum Lebaran. Berapa penerbangan? nanti kita bicarakan dengan Garuda. Mau 5-6-7 yang kira-kira ekuivalen dengan 3 juta penumpang dulu,” ucap Budi.

Menurut Budi, pperasional penuh T3 Ultimate ditargetkan berlangsung pada Maret 2017. Nantinya, Terminal 3 Ultimate akan ditempati oleh maskapai Garuda Indonesia dan seluruh maskapai dengan rute penerbangan internasional.

“Jadi rinciannya, Terminal 1 untuk Lion dan Kalstar. Terminal 2 itu AirAsia, Batik, Sriwijaya, Citilink. Terminal 3 Garuda Indonesia dan internasional,” tegasnya.