Dikira Kebakaran, Ternyata Kepulan Asap di Bandara Soetta Cuma Latihan Fire Fighting

Tangerang – Pada Kamis (26/10) kemarin warga di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang dihebohkan dengan kepulan asap tebal di kawasan . Kepulan asap tersebut berasal dari sekitar Hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia, Perimeter Selatan, Kota Tangerang.

Dewandono Prasetyo Nugroho - www.tribunnews.com

Dewandono Prasetyo Nugroho – www.tribunnews.com

Beberapa warga yang melewati area tersebut sempat panik dan mengira terjadi kebakaran besar di Bandara Soetta. “Tadi pas saya lewat kelihatan asapnya tebal banget, kayaknya kebakaran deh,” kata Maya, salah satu warga yang melalui Perimeter Selatan, seperti dilansir Okezone.

Ketika dikonfirmasi langsung, Branch Communication Manager PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho menampik kabar terkait adanya kebakaran di tersebut. Lebih lanjut Prasetyo menjelaskan jika kepulan asap itu berasal dari Pertolongan Kecelakaan dan Pemadaman Kebakaran (PKP-PK).

“Ya betul, ada kepulan asap hitam, tapi itu bukan kebakaran, melainkan ada latihan dari Fire Fighting atau PKP-PK (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran). Kami biasa melakukan latihan tersebut sebulan sekali dengan durasi dua jam,” beber Pras.

Pras mengungkapkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan oleh tim Fire Fighting ini memang menimbulkan asap pekat hingga ke kawasan udara Bandara Soetta, akan tetapi kepulan asap tersebut menurutnya tak mengganggu aktivitas penerbangan yang ada di Bandara Soekarno-Hatta, terutama di yang lokasinya memang saling berdekatan dengan tempat pelatihan.

“Latihan ini tidak mengganggu penerbangan, jadwal penerbangan semua berjalan normal. Karena, posisinya tidak di GMF tapi memang ada lokasi khusus yang jauh dari GMF untuk latihan ini. Namun, dari jauh kelihatannya seperti di GMF,” pungkas Pras.

Latihan semacam ini memang rutin diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Soetta sebagai salah satu antisipasi penanganan apabila terjadi insiden kebakaran di kawasan Bandara Soekarno-Hatta. Walaupun melibatkan api hingga terjadi kepulan asap tebal, kegiatan ini dinyatakan aman dan tak mengganggu lalu lintas pesawat di sekitar Bandara Soetta.