Tingkatkan Wisata, Kemenhub Diminta Buka Rute Jakarta-Selayar

/MAKASSAR – Provinsi Sumatera Selatan berharap Kementerian Perhubungan dapat membuka () Jakarta menuju Kabupaten Kepulauan Selayar. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan sektor di Taman Nasional Taka Bonerate yang dikatakan menjadi kawasan atol terbesar ketiga di dunia.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman – tribunnews.com

“Kami kemarin minta supaya nanti Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) membuka direct flight (Jakarta-Selayar), jadi nanti di sini kami tinggal pengembangan , karena sudah ada bandaranya,” ujar Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, dilansir Detik. “ langsung Jakarta-Selayar nantinya dapat meningkatkan tujuan Indonesia bagian timur karena biayanya lebih murah.”

Ani menambahkan, jika penerbangan Jakarta langsung ke Selayar dibuka, maka akan lebih dekat ke Taka Bonerate dibandingkan menuju kawasan Raja Ampat. Di Kepulauan Taka Bonerate sendiri ada sekitar 132 pulau. “Nanti kalau bandaranya sudah lebar, sudah banyak wisatawan, pasti nanti akan meningkatkan intensitas pengunjung,” sambung Andi.

Diketahui, saat ini Bandara Aroepala, Selayar sudah mengoperasikan penerbangan jarak dekat dari dan ke Kota Makassar. Penerbangan langsung Jakarta-Selayar dapat diwujudkan jika landasan pacu bandara diperpanjang untuk pesawat berbadan lebar. Bandara Aroepala sendiri sudah ada tanah sekitar 700 meter sehingga sangat memungkinkan untuk diperpanjang.

“Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, bahwa kami bersama Gubernur Sulawesi Selatan selalu mendorong Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi salah satu destinasi nasional terbaik di Indonesia,” tandas Andi. “Nah, dukungan tersebut harus dimulai dengan membuka akses penerbangan langsung Jakarta-Selayar.”

Saat ini, di Selayar, tengah diadakan Festival Taka Bonerate yang berlangsung muai tanggal 24 Oktober hingga 29 Oktober 2019. Agenda Festival Taja Bonerate sendiri merupakan program kebanggaan Kepulauan Selayar dan Sulawesi Selatan. Festival Taka Bonerate juga sudah masuk ke dalam Top 100 Wonderful Event Indonesia oleh Kementerian Pariwisata.