Dibangun 2021, Bandara Soekarno-Hatta II Berkapasitas 100 Juta Orang

JAKARTA – Megaproyek pembangunan direncanakan akan dimulai pada tahun 2021 mendatang. Nantinya, bandara ini akan mampu menampung sekitar 100 juta , sehingga dapat mengantisipasi pertumbuhan dan mengurangi risiko terjadi kesenjangan antara dan jumlah penumpang.

Suasana kesibukan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta – mediaindonesia.com

“Kapasitas tersebut akan mampu mengantisipasi pertumbuhan penumpang dan mengurangi risiko terjadi kesenjangan antara kapasitas dan jumlah penumpang,” jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, dilansir Bisnis. “Terlebih, sebagai kota metropolitan, kawasan Jabodetabek memiliki populasi besar dan pergerakan intra-pulau yang tinggi.”

Awaluddin menambahkan, pihaknya berharap tersebut dapat dimulai pada tahun 2021 atau 2022 awal, yang dikerjakan bersamaan dengan pembangunan bandara yang sekarang. Nantinya, jumlah penumpang Bandara Soekarno-Hatta bisa mencapai angka 100 juta orang pada sekitar 2025-2027 mendatang.

“Saat itu, bandara yang memiliki Terminal 4 dan mengoperasikan tiga landasan pacu () yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi,” sambung Awaluddin. “Padahal, pembangunan Terminal 4 dan 3 hanya untuk menutup backlog yang terjadi saat ini, bukan menambah kapasitas. Saat penumpang mengalami pertumbuhan lagi, akan menjadi backlog yang baru.”

Awaluddin sendiri berpendapat bahwa pembangunan megaproyek tersebut harus dilakukan agar potensi perkembangan udara dalam negeri tidak diambil oleh negara tetangga. Singapura misalnya, memutuskan untuk membangun Terminal 5 di Bandara Internasional Changi dengan kapasitas hingga 100 juta orang atau setara dengan keempat terminal yang saat ini sudah dimiliki.

Sebenarnya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki reputasi yang tidak kalah dengan bandara-bandara d negara lain. Paling baru, bandara ini dinobatkan sebagai peringkat ke-10 dalam daftar Megahubs International Index 2018 yang disusun perusahaan riset penerbangan AOG, yang menganalisis 50 bandara di seluruh dunia.

Posisi Bandara Soekarno-Hatta mengalahkan bandara-bandara lain semisal Bandara Incheon, Bandara Munchen, Bandara Haneda, Bandara Sidney, dan Bandara Zurich. Di kawasan Asia, Bandara Soekarno-Hatta menjadi yang terbaik kedua setelah Bandara Changi. Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga termasuk daftar Low-Cost International Megahubs dan berada di peringkat kedua.