Desember 2017, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi Penuh

JAKARTA – Skytrain atau Automated People Mover System (APMS) beroperasi di sejak hari Minggu tanggal 17 September 2017 yang lalu. Di tahap awal, kereta antar-terminal ini baru melayani perpindahan pengguna jasa bandara dari Terminal 2 ke Terminal 3 dan sebaliknya. Rencananya, pada bulan Desember mendatang, Skytrain ditargetkan bsia beroperasi penuh dari Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3, hingga stasiun kereta bandara.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin - www.josstoday.com

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin – www.josstoday.com

“Pengoperasian APMS memang terbagi menjadi dua tahapan, dan tahapan pertama Insya Allah mulai beroperasi hari ini dari Terminal 3 ke Terminal 2 di track A,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, ketika peluncuran kereta ini. “Selanjutnya, pekerjaan keseluruhan akan diselesaikan pada pertengahan Desember 2017, sehingga diasumsikan bisa dioperasikan di keempat shelter dan depo.”

Senada, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, juga mengatakan bahwa pengoperasian Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang terhubung dengan semua terminal, akan dilakukan pada bulan Desember 2017. Jadi, pengunjung bandara yang naik kereta, dan ingin ke masing-masing terminal, bisa langsung menggunakan ini.

“Desember 2017 nanti, Terminal 1 sampai Terminal 3 akan terhubung dengan Skytrain dan KA bandara dari Stasiun Dukuh Atas,” kata Budi. “Jadi, dari dua stasiun utama bisa langsung ke Terminal 2 dan Terminal 3 dengan naik Skytrain ini.”

Untuk saat ini, Skytrain hanya melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dengan jam operasional yang terbatas. Kereta tersebut beroperasi dari pukul 07.00 WIB-09.00 WIB, pukul 12.00 WIB-14.00 WIB, dan pukul 17.00 WIB-19.00 WIB. “Ke depannya, Skytrain direncanakan bisa beroperasi selama 24 jam penuh dalam sehari,” timpal Awaluddin.

Layanan transportasi Skytrain pertama di Indonesia ini memungkinkan para pelancong untuk berpindah dari satu terminal ke terminal lain di Bandara Soekarno-Hatta dalam waktu kurang dari 7 menit secara gratis. Selain mempersingkat waktu, Skytrain tersebut juga bisa menampung kurang lebih 176 penumpang.