Demo 4 November, Jokowi Tinjau Proyek Kereta Bandara Soekarno Hatta

mengungkapkan bahwa proyek kereta di Tangerang, Banten dipastikan rampung tepat waktu, yakni Juli 2017. Menurut , berdasarkan laporan yang didapat, proses pengerjaan kereta Soetta berjalan lancar dan hanya terkendala oleh pembebasan lahan.

“Ini sudah sesuai dengan apa yang saya mintakan, hanya ada permasalahan kecil yang kita lihat hanya 800 meter yang masih belum dibebaskan, jadi enggak ada masalah saya pikir,” papar Jokowi, Jumat (4/11).

Kereta Bandara

From : http://nationalgeographic.co.id/

Terkait pembebasan lahan, Jokowi menargetkan rampung pada bulan Desember. “Sudah semuanya, yang belum rampung yang ada di dekat sini saja. Itu pun rampung Desember,” ungkapnya.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa kereta Bandara Soekarno Hatta tersebut dibangun untuk mengurai kemacetan. Sebab kereta tersebut kelak akan terintegrasi dengan Automated People Mover System (APMS) atau kereta tanpa awak yang mengelilingi seluruh terminal di Bandara Soetta, termasuk pusat bisnis dan perkantoran.

“Jadi nanti akan tersambung ke Terminal 1, 2, dan 3 melalui people mover,” kata Jokowi.

Setelah meninjau hanggar 4 Garuda Maintenance Facility (GMF), Jokowi blusukan ke cabang utama Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC) di Bandara Soetta, Jumat (4/11) petang. Pada kunjungan tersebut, Jokowi ingin mendukung penyelenggara teknis pelayanan transportasi udara yang tengah bertugas.

Selain berpesan agar para petugas mengutamakan keselamatan penumpang dan penerbangan, Presiden juga meminta sistem ATC untuk selalu diperbarui. “Utamakan pelayanan dan keselamatan penerbangan dan segera lakukan pemutakhiran ATC system,” ucap Jokowi.