Dampak Erupsi Gunung Agung, 94 Penerbangan dari Bandara Soetta ke Bali Batal

Jakarta – Meletusnya Gunung Agung di Bali hingga kini masih berpengaruh terhadap sejumlah di , Tangerang, Banten. Sejumlah 94 penerbangan di Bandara Soetta dibatalkan sampai hari Rabu (29/11). Hal ini diucapkan langsung oleh Branch Communication Manager Bandara Soekarno Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho, Selasa (28/11).

Dewandono Prasetyo Nugroho - www.tribunnews.com

Dewandono Prasetyo Nugroho – www.tribunnews.com

“Tadi pagi (kemarin) Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Udara telah mengeluarkan Notam,” kata Pras di Tangerang, seperti dilansir Liputan 6.

Lebih lanjut Pras memaparkan bahwa Kemenhub mengeluarkan Notam yang berisi perpanjangan penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga hari ini, 29 November 2017. Ditutupnya Bandara Ngurah Rai mengakibatkan sebanyak 94 penerbangan dari Bandara Soetta ke Bali ditiadakan. “Iya, ada 94 penerbangan tidak beroperasi hari ini,” beber Pras.

Sebanyak 94 penerbangan yang dibatalkan tersebut berasal dari Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, dan Air Asia. “Sedangkan dari arah sebaliknya total ada 99 penerbangan yang di-cancel,” ungkap Pras.

Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia memang memutuskan untuk memperpanjang penutupan Bandara Ngurah Rai. Lewat laporannya, Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto menuturkan bahwa mulai pagi kemarin dan sampai beberapa hari ke depan abu vulkanik diperkirakan bergerak ke arah selatan atau barat daya dan menutupi ruang udara di atas Bandara Ngurah Rai.

“Dengan kondisi sebagaimana tersebut di atas, rapat koordinasi Kantor Otoritas Bandara bersama stakeholders terkait, yang dilaksanakan pada pukul 01.00 Wita 28 November 2017 memutuskan, memperpanjang penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai dari pukul 07.00 Wita tanggal 28 November 2017 s.d 07.00 Wita tanggal 29 November 2017,” ucap Novie, Selasa (28/11).

Berdasarkan hasil rapat, laporan data analisis dan prediksi arah serta kecepatan angin BMKG pada jam 18.00-00.00 UTC (02.00-08.00 WITA) menunjukkan jika arah angin dari utara sampai timur laut dengan kecepatan 5-10 kts. Di samping itu, Airnav cabang Denpasar mengungkapkan, sesuai ploting area VA Advisory menunjukkan jika jalur pemanduan lalu lintas pesawat udara telah tertutup dengan sebaran VA. Oleh sebab itu, penutupan Bandara Ngurah Rai diperpanjang hingga 29 November 2017 pukul 07.00 WITA.