Daftar Sekolah Penerbangan di Jakarta

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mencari penerbangan berkualitas. Di , kini sudah ada 5 sekolah penerbangan diantaranya Alfa Flying School, Bali International Flight Academy, Deraya Flying School, School, dan Nusa Flying International. Berikut kami sajikan ulasan  dari beberapa diantaranya,Alfa Flying School

Alfa Flying School

Alfa Flying Scholl adalah salah satu sekolah penerbangan yang cukup ternama di . Sekolah pilot ini berdiri sejak tahun 2007. Berbasis di Halim Perdanakusuma, sekolah ini telah berhasil mencetak pilot-pilot berkualitas di Indonesia. Jika ingin merasakan jadi siswa binaan Alfa Flying School, Anda harus menyiapkan kuliah sekitar Rp 700 juta. ini terbagi atas PPL (untuk 260 jam) sebesar Rp 150 juta dan CPL + IR (314 jam) ground course seharga Rp 550 juta. ini belum termasuk pendaftaran sebesar Rp 9 juta yang tidak bisa dikembalikan untuk alas an apapun.

BIFA (Bali International Flight Academy)

Bali International Flight Academy adalah salah satu sekolah penerbangan yang berkantor pusat di Jakarta, namun pelatihannya difokuskan di Bali. Pusat pelatihan BIFA berlokasi di pangkalan udara Letkol. Wisnu Bali Desa Sumberkima, sekitar 65 kilometer dari Singaraja, Buleleng – Bali.

Sekolah pilot ini sudah diakui kualitasnya secara internasional. Sekolah ini memberikan 3 program pendidikan dan pelatihan bagi para calon tenaga penerbang, diantaranya PPL (Private Pilot License), CPL (Commercial Pilot License), dan IR (Instrument Rating). Untuk masuk ke sekolah ini Anda diharuskan membayar biaya sebesar Rp 500.000 sebelum mengikuti serangkaian tes. Setelah lolos tes, Anda baru diharuskan membayar biaya pendidikan senilai total Rp 635 juta yang dapat dicicil baik langsung pada pihak manajemen sekolah maupun melalui perantara pihak perbankan.

Deraya Flying School

Deraya Flying School adalah sebuah sekolah penerbangan yang cukup populer di Indonesia. Berpusat di terminal building 1st floor no. 150/HT, bandara Halim Perdanakusuma. Sekolah penerbangan yang didirikan pada tahun 1967 ini menawarkan paket pelatihan dengan biaya terpisah yang dibanderol berdasar mata uang Dolar Amerika, Misalnya untuk paket Private Pilot License (PPL) biayanya sebesar US$ 24,000, Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rating (IR) biayanya US$ 45,000. Pada pembayaran pertama siswa diharuskan membayar sebesar US$ 15,000, dengan rincian US$ 3,300/bulan selama 15 bulan.

Nusa Flying International School

Nusa Flying School merupakan sekolah penerbangan swasta yang sebelumnya dikenal sebagai Nusa Flying Academy, dan berubah pada tahun 2008. Sekolah pilot ini berkantor pusat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, sedangkan pelatihannya dipusatkan di Bandara Budiarto Curug – Tangerang dan Bandara Raden Inten – Lampung. Hampir sama seperti Deraya Flying School, sekolah penerbangan ini juga membebankan biaya pendidikannya berdasar kurs Dolar Aerika terkini. Paket program pelatihan yang diberikan antara lain adalah program PPL seharga USD 26.000, program CPL seharga USD 31.000, program CPL+ IR seharga USD 34.500, dan program PPL+ CPL+ IR seharga USD 53.700.