Daftar Nama Maskapai Penerbangan yang Beroperasi di Indonesia

Di Indonesia terdapat setidaknya 30-an maskapai penerbangan yang hilir mudik setiap harinya di langit Indonesia, baik maskapai besar, maskapai LCC, maupun maskapai carteran. Beberapa maskapai tersebut adalah berasal dari negara tetangga maupun dari Indonesia sendiri.

Berikut ini adalah nama-nama dari berbagai maskapai penerbangan yang melayani rute domestik dan Internasional di Indonesia :

  1. Garuda Indonesia. Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional terbesar Indonesia yang didirikan pada tahun 1949. Berkomitmen memberikan pelayanan super eksklusif.
  2. Citilink Airlines. Citilink diresmikan pada 2012 sebagai anak perusahaan dari Garuda Indonesia untuk melayani penerbangan bertarif rendah.
  3. . AirAsia adalah maskapai penerbangan LCC alias bertarif rendah asal Malaysia bertarif rendah. Air Asia Indonesia mengoperasikan rute penerbangan domestik dan internasional, melalui 22 armada pesawat dan 13 titik tujuan penerbangan.
  4. Merpati Nusantara. Merpati Nusantara Airlines merupakan maskapai penerbangan domestik tertua di Indonesia, yaitu sejak 1962.
  5. Lion Air. Maskapai penerbangan swasta terbesar Indonesia yang berpusat di Jakarta. Lion Air sangat dikenal melalui promo-promonya.
  6. . Batik Air merupakan anak perusahaan Lion Air yang ditawarkan berkelas premium dengan mangsa pasar penumpang kelas menengah ke atas.
  7. . Wings Abadi Airlines atau yang lebih dikenal sebagai Wings Air adalah anak cabang lain dari perusahaan Lion Air. Didirikan oleh Lion Air pada tahun 2003.
  8. Tiger Air. Tiger Airways adalah maskapai penerbangan asal . Berdiri pada Desember 2003 dan mulai beroperasi sejak 15 September 2004.
  9. Sriwijaya Air. Sriwijaya Air menguasai sekitar 12% pasar penerbangan domestik Indonesia. Melayani 35 titik tujuan penerbangan domestik dan 2 tujuan Internasional (Penang dan Singapura).
  10. Batavia Air. Batavia Air adalah salah satu dari beberapa operator penerbangan Indonesia yang diizinkan untuk beroperasi di Uni Eropa. Batavia Air juga termasuk dalam kategori first place untuk keselamatan penerbangan dalam regulasi domestik Indonesia.
  11. Mandala Airlines. Mandala Airlines berfokus pada penerbangan di Indonesia bagian Barat. Sempat menunda operasi akibat pailit pada Januari 2011, lalu kembali dioperasikan pada tahun 2012.
  12. Aviation. Sebuah maskapai penerbangan swasta yang berpusat di Serpong, Jawa Barat dan melayani rute tujuan penerbanagan yang kurang populer terutama di wilayah Kalimantan, Jawa dan Nusa Tenggara.
  13. Susi Air. PT ASI Pujiastuti Aviation atau Susi Air didirikan pada tahun 2004. Beroperasi di 4 pusat utama yaitu Jakarta, Medan, Balikpapan, dan Sentani.

Maskapai Penerbangan IndonesiaSelain masakapai-maskapai tersebut, masih ada beberapa maskapai milik lokal dan Internasional yang juga beroperasi di Indonesia, diantaranya :

  1. Airfast Indonesia (Penerbangan Sewaan/Charter)
  2. Etihad Airways
  3. Japan Airlines
  4. Korean Air
  5. Kuwait Airways
  6. Lufthansa
  7. Philippine Air
  8. Qantas Air
  9. Qatar Airways
  10. Royal Brunei
  11. Singapore Airlines
  12. Jet Star & Value Air
  13. Pelita Air