Daftar Nama Maskapai Penerbangan Asal Singapura

sebagai negara tersibuk di Asia Tenggara memiliki beberapa penerbangan untuk melayani kebutuhan transportasi ke seluruh penjuru dunia. Diantara nama-nama penerbangan asal Singapura adalah , Cargo, Asia Airways, Jett8 Airlines, Scoot, , Tiger Airways, dan .

Maskapai penerbangan tersebut tentu saja sudah dilengkapi dengan Sertifikat Operator Udara yang dikeluarkan oleh lembaga Otoritas Penerbangan Sipil milik lokal Singapura.

Airlines (SIA)

Singapore Airlines merupakan maskapai nasional milik pemerintah Singapura yang berpusat di Internasional Changi, Singapura. Beroperasi dengan menggunakan 4 tipe armada , yaitu Airbus A380, Airbus A340, Boeing 747, dan Boeing 777.

Berbagai penghargaan terkait kualitas sudah pernah disabet oleh Singapore Airlines, diantaranya  Travel Hall of Fame untuk tahun 2002 sampai 2011 dan 2014; Best Economy Class dan Best Economy Class Onboard Catering untuk tahun 2012; Best Airline South East Asia, Best Business Class seat, dan Best Cabin Seat untuk tahun 2010; Best First Class dan Best First Class Catering untuk tahun 2009, Best first Class untuk tahun 2011, dan Best Airline sejak 1981 hingga kini.

Singapore Airlines juga membuktikan kepeduliannya pada lingkungan dengan menjadi maskapai penerbangan eksklusif untuk “Rainforest Hope”, yaitu sebuah proyek inisiatif yang berfokus pada konservasi dan perlindungan untuk lebih dari 100.000 hektar hutan hujan tropis di wilayah Jambi dan sepanjang Provinsi Sumatera Selatan. Di samping itu, Singapore Airlines juga berperan aktif dalam program ASPIRE (Asia and Pacific Initiative to Reduce Emissions) dan SAFUG (Sustainable Aviation Fuel Users Group).

Jetstar Airways (JQ)

Jetstar Asia Airways merupakan saudara dari maskapai Jetstar Airways asal Australia yang dikhususkan untuk melayani penerbangan dalam lintas benua asia. Sebagai anak perusahaan Qantas Airlines, Jetstar dan Jetstar Asia memang dimunculkan untuk melayani penerbangan murah LCC (Low Cost Carrier).

Jetstar Airways

Valuair (VF)

Valuair Limited adalah salah satu maskapai penerbangan berbasis low cost carrier yang berpusat di Singapura. Sejak diluncurkan pada tahun 2004, Valuair terfokus pada layanan penerbangan menuju ke Bangkok dan Hong Kong. Fasilitas bagasi lebih dari 20 kilogram serta ruang kakai yang lapang (32 inchi) membuat maskapai ini menjadi primadona LCC. Pada 2005, Valuair diakuisisi oleh Jetstar Asia Airways, namun trademark Valuair tetap dipertahankan.

SilkAir (MI)

SilkAir Private Limited merupakan anak perusahaan dari maskapai penerbangan Singapore Airlines yang berbasis di Singapura. Melayani 39 rute ke kota-kota di Cina, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Australia. Tercatat mempekerjakan 278 staf di seluruh cabangnya dan sudah melayani 1,56 juta penumpang hingga tahun 2006 saja.