Cuaca Ekstrem, Angkasa Pura II Lakukan Sejumlah Antisipasi di Bandara Soetta

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II selaku pihak pengelola , Tangerang, Banten mengimbau para pengguna untuk selalu mengantisipasi adanya kemungkinan kendala yang dapat mengganggu aktivitas , terutama bertepatan dengan terjadinya cuaca ekstrem pada pekan ini.

PT Angkasa Pura (AP) II mengimbau para pengguna jasa untuk mengantisipasi adanya kemungkinan kendala yang mengganggu aktivitas penerbangan - tangerangonline.id

PT Angkasa Pura (AP) II mengimbau para pengguna jasa untuk mengantisipasi adanya kemungkinan kendala yang mengganggu aktivitas penerbangan – tangerangonline.id

diingatkan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi segala kondisi yang dinilai kurang nyaman seperti ketika cuaca sedang ekstrem saat ini. “Kami mengimbau kepada para saat ini cuaca sangat ekstrem, agar bersiap siaga dalam kondisi tertentu,” ungkap Febri Toga Simatupang, Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Jumat (21/9), seperti dilansir Tangerangonline.

Febri menambahkan, cuaca saat ini begitu sulit diprediksi, oleh sebab itu pihak PT AP II mengimbau penumpang agar dapat datang lebih awal ke bandara supaya tidak terburu-buru ketika hendak melakukan proses check-in. Pasalnya kondisi seperti hujan lebat dan cuaca ekstrem sangat mempengaruhi operasional penerbangan di bandara dan jalanan menuju Bandara Soetta seringkali macet jika sedang terjadi hujan.

Seluruh operator penerbangan juga diharapkan lebih waspada menghadapi risiko cuaca ekstrem yang berlangsung di berbagai sejak awal September 2018 lalu dan selalu mengutamakan keselamatan para penumpang. “Kami juga selalu berkoordinasi dengan pihak Otoritas Bandara. Meskipun hingga saat ini delay dan penutupan operasional bandara belum terjadi, sejauh ini cuaca masih dinyatakan layak. Tetapi kami selalu koordinasi,” beber Febri.

Demi mengutamakan keamanan dan keselamatan penerbangan, PT Angkasa Pura II juga terus melakukan pengecekan marka landasan pacu. “Kondisi seperti ini penting untuk kejelasan feasibility selama pergerakan di sisi udara,” ucap Febri.

Untuk membantu pengawasan dan pengecekan kondisi bandara, PT Angkasa Pura (AP) II juga sudah mengoperasikan Terminal Operation Center sejak beberapa waktu yang lalu. Terminal Operation Center sendiri berfungsi untuk memonitor seluruh aktivitas dan kebutuhan yang ada di terminal secara langsung atau real time.