Penumpang Positif COVID-19, Citilink Tutup Sementara Rute Jakarta-Pontianak

JAKARTA – Indonesia saat ini tengah mengkaji kemungkinan menghentikan sementara rute Jakarta-Pontianak via setelah ada salah satu mereka yang dinyatakan positif COVID-19. Bagi yang terdampak, maskapai memberikan opsi pengalihan penerbangan menggunakan Garuda Indonesia atau refund.

Maskapai Citilink Bandara Internasional Soekarno-Hatta - wartakota.tribunnews.com

Maskapai Citilink Bandara Internasional Soekarno-Hatta – wartakota.tribunnews.com

Pada penerbangan tanggal 15 September 2020 kemarin, satu orang penumpang pesawat Citilink kode penerbangan CG 9414 rute Jakarta-Pontianak dinyatakan konfirmasi COVID-19. Ini setelah dilakukan pemeriksaan sampel usap reverse transcription polymerase chain reaction (RT PCR) oleh Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak terhadap 48 penumpang.

Citilink dinyatakan telah melanggar ketentuan Pasal 8 ayat (5) Peraturan Gubernur Kalimantan Barat No. 110/2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, maskapai penerbangan atau operator lainnya dilarang membawa penumpang yang hasil tes cepat dan PCR positif COVID-19. Untuk itu, Citilink akan dikenai sanksi sebagaimana diatur dalam Pasal 16 ayat (5) huruf a.

Pasal itu menyebut, dilarang membawa penumpang dari luar daerah selama 10 hari untuk rute Jakarta-Pontianak. Untuk itu, Citilink diminta menutup penerbangan Jakarta menuju dan dari Pontianak. “Setiap maskapai penerbangan yang kedapatan membawa masuk penumpang dari luar Kalbar dalam kondisi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap di terminal kedatangan Bandara Supadio, akan diberikan sanksi,” tandas Kepala Dinas Perhubungan Kalbar, Ignatius IK, dirangkum Solopos.

Sementara itu, Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo, menuturkan pihaknya masih mempertimbangkan penutupan sementara rute Jakarta-Pontianak maupun sebaliknya. Menurutnya, Citilink saat ini masih melakukan koordinasi lebih lanjut terhadap pihak terkait, yakni Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terkait dengan masalah tersebut.

“Bagi penumpang yang penerbangannya terdampak, Citilink memberikan opsi pengalihan penerbangan dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia rute dari Jakarta dan ke Pontianak atau dengan menggunakan opsi refund,” tutur Juliandra. “Untuk pengalihan ke Garuda Indonesia atau pengajuan refund, bisa menghubungi email di alamat [email protected]