Citilink Resmi Terbang Jakarta-Samarinda PP via Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA/SAMARINDA – Satu per satu, nasional membuka menuju Kota Samarinda. Paling baru, Citilink, salah satu maskapai berbiaya rendah, mengoperasikan langsung Jakarta-Samarinda PP yang menghubungkan dengan Bandara APT Pranoto di Samarinda.

Maskapai Citilink Bandara Internasional Soekarno-Hatta - wartakota.tribunnews.com

Maskapai Citilink Bandara Internasional Soekarno-Hatta – wartakota.tribunnews.com

Penerbangan perdana Citilink untuk rute tersebut dilakukan pada Senin (3/12) kemarin. Sesuai jadwal, pesawat Citilink bertolak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 12.35 WIB dan mendarat di Bandara APT Pranoto pada pukul 15.50 WITA. Penerbangan ini dilayani menggunakan pesawat Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 tempat duduk.

“Alhamdulillah, Garuda Indonesia, Batik Air, dan Wings Air sudah masuk, dan berikutnya giliran Citilink,” tutur Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda, Dodi Dharma Cahyadi. “Semoga ini bisa menambah dukungan pelayanan transportasi udara untuk masyarakat Kalimantan Timur, wisatawan, dan para investor yang akan masuk ke Kalimantan Timur.”

Sebelumnya, seperti dilansir Merdeka, District Manager Citilink Kalimantan Timur, Lenita Devi Susila, telah menyampaikan bahwa pihaknya memang akan membuka rute baru ke Cengkareng (Bandara Soekarno-Hatta) pada tanggal 3 Desember 2018. Untuk tahap awal, rute ini akan dilayani seminggu dua kali. Ke depannya, pada tanggal 8 Desember mendatang, Citilink akan mengoperasikan rute ini setiap hari.

“Ada sejumlah pertimbangan dibukanya rute baru ini, salah satunya antaranya tidak sedikit penumpang yang terbang lewat Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan yang ternyata berasal dari Samarinda dan daerah sekitarnya,” jelas Devi. “Kami banyak juga penumpang dari daerah sana (Samarinda) dan sekitarnya. Mungkin, market terbagi. Jadi, penumpang dari Kota Bontang dan Sangatta, pasti ambil (penerbangan) melalui bandara terdekat.”

Sementara itu, Vice President Corporate Secretary & CSR Citilink, Ranty Astari Rachman, menuturkan bahwa pembukaan rute dari Jakarta ke Samarinda dan sebaliknya merupakan bukti komitmen Citilink Indonesia untuk memberikan opsi kemudahan transportasi udara. Pihaknya sendiri optimistis bahwa penerbangan rute ini mampu meningkatkan aksesibilitas di Kalimantan Timur.