Citilink Resmi Layani Rute Penerbangan Jakarta-Banyuwangi

berbiaya rendah, Citilink Indonesia baru saja resmi membuka rute () Jakarta-. yang dibuka pada Kamis (15/2) lalu tersebut dicoba langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Menpar Lepas Penerbangan Perdana Citilink Jakarta-Banyuwangi - www.haloindonesia.co.id

Menpar Lepas Penerbangan Perdana Citilink Jakarta-Banyuwangi – www.haloindonesia.co.id

“Penerbangan perdana ke Banyuwangi ini merupakan komitmen Citilink Indonesia mendukung pengembangan pariwisata nasional yang masih bisa dijelajahi di Banyuwangi yang dikenal sebagai kawasan segitiga berlian. Yaitu Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukomade,” ucap Arief Yahya sebelum terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, seperti dilansir Tribunnews.

Penerbangan Citilink dari Bandara ke Banyuwangi ini dilayani dengan Boeing B-735 dengan kapasitas 120 penumpang untuk 1 kali penerbangan setiap harinya. “Diharapkan dengan rute baru Citilink Indonesia ke Banyuwangi dapat mendorong percepatan mendorong percepatan pariwisata sekaligus meningkatkan konektivitas Banyuwangi dengan daerah lainnya di Indonesia serta untuk memperkenalkan pariwisatanya ke level internasional,” beber Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo.

Menpar Arief menambahkan, dibukanya rute penerbangan Jakarta-Banyuwangi ini diharapkan turut mendongkrak sektor wisata Banyuwangi. “Rute Jakarta – Banyuwangi memiliki potensi pasar yang menjanjikan karena sektor pariwisata, dunia usaha, dan sektor pendidikan di Banyuwangi terus berkembang, terlihat dari jumlah kunjungan yang meningkat dari tahun ke tahun. Hampir 70% – 80% rute pengguna jasa penerbangan dari Banyuwangi adalah menuju Jakarta,” kata Arief.

Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata tahun 2017, jumlah kedatangan penumpang di Bandara Banyuwangi (dulu Blimbingsari) mencapai 188.949 orang, meningkat 66,9% dari tahun 2016 sebanyak 113.153 penumpang. Sedangkan kunjungan atau wisman ke Banyuwangi tahun 2017 lalu mencapai 91.579 orang dan jumlah wisatawan domestik 4,7 juta orang. “Banyuwangi memberikan kontribusi sebesar 26,77% atau sepertiga terhadap kunjungan wisman ke Jawa Timur (Jatim) pada 2017,” ungkap Arief.

“Hari ini Citilink resmi melayani rute Jakarta-Banyuwangi, pada tahap awal satu kali satu hari, tujuh kali seminggu. Seluruh anggota Group telah melayani rute ini sehingga diharapkan penumpang memiliki lebih banyak pilihan apakah terbang dengan maskapai bintang lima maupun maskapai bintang empat,” tandas Juliandra.