15 Februari 2021, Citilink Buka Rute Penerbangan Jakarta-Ternate

Jakarta Indonesia membuka penerbangan perdana dari Jakarta melalui Halim Perdanakusuma (HLP) ke Ternate, Babullah Ternate, Maluku Utara. Menurut surat yang diterima oleh Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara, penerbangan yang dilayani oleh anak usaha Garuda Indonesia ini akan beroperasi pada tanggal 15 Februari 2021 depan.

Maskapai Citilink Indonesia - flickr: M Bagas R Wijaya

Maskapai Citilink Indonesia – flickr: M Bagas R Wijaya

“Iya benar, kami sudah dikonfirmasi maskapai Citilink akan masuk ke bandara Babullah Ternate. Penerbangan perdana maskapai Citilink dimulai pada tanggal 15 Februari 2021. Ini berdasarkan surat yang diterima,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara Armyn Zakaria, Rabu (3/2), seperti dilansir Kumparan.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Citilink menggunakan armada A320. Sesuai dengan jadwal, keberangkatan Citilink dari Bandara Halim Perdanakusuma pukul 22.30 dan tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate pukul 02.00 WIT. Sedangkan untuk penerbangan rute sebaliknya diterbangkan pukul 03.25 WIT dari Ternate dan mendarat di Jakarta jam 07.00 WIB.

Menurut Armyn, pembukaan rute penerbangan Jakarta-Ternate pergi pulang (PP) ini merupakan terobosan besar. Pasalnya, di tengah kondisi pandemi virus corona (Covid-19) seperti sekarang rupanya masih ada maskapai yang bersedia membuka rute penerbangan baru ke Ternate. “Ini adalah salah satu upaya komunikasi Gubernur dengan Kementerian Perhubungan dan juga maskapai penerbangan,” bebernya.

Beroperasinya maskapai Citilink ini sekaligus dapat mendukung pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional di Sofifi dan Sail Tidore tahun 2021. “Dua event ini akan menghadirkan ribuan orang dari berbagai daerah datang ke Maluku Utara. Selain itu, penerbangan ini untuk membantu masyarakat yang melakukan perjalanan melalui jalur udara,” sambungnya.

Sampai saat ini juga sudah ada beberapa maskapai besar yang telah beroperasi melayani penerbangan di Bandara Sultan Babullah Ternate, di antaranya maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan juga yang terbaru ada maskapai Citilink.