Citilink Berencana Terbang ke Frankfurt dan Jeddah via Jakarta

Maskapai Indonesia berencana untuk melakukan ekspansi dengan membuka ke sejumlah destinasi ke luar negeri. Pada semester dua tahun 2019 ini, anak usaha Garuda Indonesia tersebut memiliki planning untuk mengoperasikan perjalanan jarak jauh pertama mereka menuju Frankfurt dan .

Maskapai Citilink Indonesia

Maskapai Citilink Indonesia berencana terbang menuju Frankfurt dan Jeddah via Jakarta – okezone.com

“Lompatan bisnis kami akan melakukan penerbangan jarak jauh dan kolaborasi dengan GA di Oktober dan Desember 2019 dengan mendatangkan wide body Airbus 330-900 NEO,” ujar Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo, dikutip dari Bisnis. “Itu tipe terbaru Airbus yang memungkinkan menempuh jarak 13.000 km sehingga memanfaatkan optimalisasi dengan membuka rute dengan tahap pengembangan.”

Juliandra menerangkan, rute pertama yang akan dilalui adalah menuju Frankfurt di Jerman. Pasalnya, kota tersebut merupakan hub terbesar ketiga di Eropa setelah London dan Amsterdam sehingga dari Indonesia memungkinkan melanjutkan penerbangan dari kota tersebut. Ini akan menjadi penerbangan jarak jauh pertama yang dilayani dengan rute ke Eropa.

“Setelah itu, pada bulan Desember 2019, maskapai akan melayani rute umrah ke Jeddah dengan pesawat jenis yang sama. Dalam hitungan kami, penerbangan tersebut akan memakan waktu dua hari dan sudah bisa kembali ke Jakarta,” sambung Juliandra. “Citilink akan menjual kursi kelas premium ekonomi sebanyak 42 seat dan kelas ekonomi sebanyak 323 seat.”

Di samping rencana membuka rute anyar, Citilink Indonesia juga mengklaim telah menurunkan pesawat untuk rute-rute tertentu di perjalanan domestik. Meski enggan menjelaskan detail rute yang telah mengalami penurunan harga, namun pihak Citilink memastikan telah mematok harga murah di hampir semua destinasi pada waktu sepi kunjungan atau low season.

Dilansir Tempo, di aplikasi pemesanan tiket resmi milik Citilink Indonesia, maskapai berbiaya murah alias low cost carrier airlines (LCC) ini mematok harga seragam saat sepi kunjungan. Misalnya, rute Jakarta menuju Yogyakarta dipatok dengan harga tiket berkisar Rp874 ribu. Sementara itu, di tujuan , seperti Bali, Citilink menawarkan harga Rp1,4 juta untuk keberangkatan Jakarta.