Calon Haji Embarkasi Jakarta Siap Terbang ke Tanah Suci 7 Juli 2019

Jakarta – Kelompok Terbang (Kloter) Pertama calon haji (calhaj) embarkasi DKI Jakarta Asrama Haji Pondok Gede diumumkan akan mulai berangkat ke Tanah Suci pada tanggal 7 Juli 2019 mendatang. Calhaj tersebut merupakan pemberangkatan gelombang pertama yang akan tiba di Madinah.

Saiful Mujab, Kepala Kantor Kementerian Agama DKI Jakarta - stapico.com

Saiful Mujab, Kepala Kantor Kementerian Agama DKI Jakarta – stapico.com

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama DKI Jakarta Saiful Mujab di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (26/6) setelah acara pengukuhan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) oleh Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Haji Terpadu Kementerian Agama , H Maman Saepullah.

Lebih lanjut Saiful mengungkapkan jika para jemaah telah memasuki asrama haji sehari sebelum tanggal keberangkatan, atau tanggal 6 Juli 2019. “Calhaj yang masuk Embarkasi Pondok Gede ini berasal dari DKI Jakarta, Provinsi Banten dan Provinsi Lampung,” jelas Saiful, seperti dilansir Poskotanews.

Adapun kloter pertama calhaj DKI Jakarta berasal dari Jakarta Selatan dengan jumlah sebanyak 385 orang. Mereka akan diberangkatkan lewat . Selama berada di Asrama Haji Pondok Gede, para jamaah akan memperoleh sejumlah pelayanan, yakni pemeriksaan kesehatan, memperoleh dokumen penerbangan, hingga manasik haji. “Para calhaj juga akan mendapatkan living cost (biaya untuk kebutuhan di Tanah Suci) sebesar 1.500 riyal,” bebernya.

Perubahan jadwal keberangkatan haji menjadi lebih awal ini rupanya akibat dari slot time penerbangan yang disetujui oleh otoritas penerbangan Arab Saudi (GACA). Dalam Rencana Perjalanan Haji (RPH) yang dirilis akhir 2018 lalu, pemberangkatan haji mulai tanggal 7 Juli 2019. “Karena slot time penerbangan mengalami perubahan, maka pemberangkatan haji maju satu hari menjadi 6 Juli,” kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis.

Meski berangkat lebih awal, seluruh layanan haji di Arab Saudi seperti akomodasi, transportasi, dan konsumsi rupanya dinyatakan siap. “Layanan di Arab Saudi telah siap baik jenis layanan maupun layanan per wilayah. Khusus Arafah Muzdalifah Mina tahun ini ada peningkatan AC di tenda Arafah serta jemaah yang tiba siang hari di Arafah akan mendapatkan makan siang,” ucap Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis.