Bus JAConnexion Buka Rute Baru dari Pondok Indah Mall (PIM) ke Bandara Soetta

Jakarta  – Umum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta) kembali meluncurkan bus Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) Airport Connexion alias JAConnexion pada Kamis (28/12) kemarin. Kini Bus JAConnexion yang dibuka adalah dari Pondok Indah Mall (PIM) ke Internasional Soekarno-Hatta.

Bus JA Connexion - www.riyardiarisman.com

Bus JA Connexion – www.riyardiarisman.com

“Ini peluncuran yang ketujuh oleh Perum PPD. Kami berharap bisa diluncurkan di mal lain,” ujar Direktur Umum Perum PPD Pande Putu Yasa di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, seperti dilansir Tempo.

Peluncuran rute baru JAConnexion ini sekaligus melanjutkan dibukanya rute-rute baru menuju Bandara Soetta dari sejumlah pusat perbelanjaan. Sebelumnya, Bus JAConnexion sudah beroperasi melalui 7 pusat perbelanjaan, antara lain Grand Indonesia, Mal BTM Bogor, Thamrin City dan Tanah Abang, Mal Taman Anggrek, Plaza Senayan, ITC Cempaka Mas, serta Mal Kelapa Gading.

Selain pusat perbelanjaan, moda transportasi yang dicetuskan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) ini juga beroperasi melalui 15 hotel di wilayah Jabodetabek. Beberapa perusahaan transportasi pun digandeng untuk menjadi operator bus JAConnexion, misalnya Perum PPD dan Blue Bird Group.

Bus JAConnexion kelak beroperasi dengan mulai dari jam 05.00 pagi hingga 18.00 WIB dengan 9 keberangkatan dari PIM ke Bandara Soetta, yaitu pukul 05.00, 06.00, 07.00, 09.00, 11.00, 13.00, 15.00, 17.00, dan 18.00 WIB. “Ada atau tidak ada penumpang, bus tetap jalan, dijamin tepat waktu,” ungkap Pande.

Selama 1 bulan pengoperasian perdana Bus JAConnexion PIM – Bandara Soetta ini akan dipatok dengan tarif promo sebesar Rp 25.000 per orang. “Sesuai perintah Menteri Perhubungan bahwa sampai akhir 2017 ini kita harus menyediakan 200 bus dan kami sudah lampaui itu untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan angkutan dan layak,” jelas Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono.

Bus JAConnexion dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti WiFi, colokan listrik, dan air conditioner (AC). Bambang juga mengharapkan supaya headway atau jarak keberangkatan antarbus dapat dikurangi ke depannya, dari 1 jam menjadi setengah jam saja. Ia pun meminta waktu tempuh bus JAConnexion dari Pondok Indah Mall ke Bandara Soetta tak lebih dari satu setengah jam. “Kalau kelamaan, penumpang bisa tidak tertarik,” tandasnya.