Bus JAC Damri Rute Epicentrum Kuningan-Bandara Soetta Beroperasi, Tarif Rp 40 Ribu

Jakarta – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bekerjasama dengan untuk mengoperasikan premium Jabodetabek Airport Connexion (JAC) dari kawasan komersial Epicentrum Kuningan ke , Tangerang, Banten. terbaru JA Connexion Damri ini diresmikan sejak Selasa (24/7) kemarin.

Bambang Prihartono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) - www.kricom.id

Bambang Prihartono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) – www.kricom.id

Menurut Kepala BPTJ Bambang Prihartono, bus JAC Epicentrum-Bandara Soetta sengaja diluncurkan sebagai bagian dari program untuk mengembangkan layanan angkutan umum massal di kawasan Jabodetabek. “Masyarakat tidak perlu bersusah payah menembus kemacetan dengan naik kendaraan pribadi untuk ke bandara, lebih efisien dan praktis naik angkutan umun nyaman seperti JAC,” ujar Bambang di Epicentrum, Selasa (24/7), seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan bahwa dengan kehadiran layanan bus JAC di Epicentrum sekaligus menambah jumlah armada bus JAC menjadi 466 unit. Pada tahun 2018 ini setidaknya ditargetkan jumlah bus JAC mencapai 1.000 unit.

Di waktu yang sama, Direktur Utama Perum Damri, Setia Milatia Nurul Moemin menuturkan jika dihadirkannya layanan JAC di Epicentrum Kuningan ini adalah salah satu langkah Perum Damri untuk mengejar target 50 ribu penumpang per hari ke Bandara Soetta. “Saat ini rata-rata penumpang 120-150 ribu (orang) per hari yang ke bandara. Damri sendiri normalnya mengangkut 21-24 ribu per hari dan bila peak bisa sampai 30 ribu. Sedangkan untuk targetnya itu 50 ribu dari 150 ribu penumpang (yang) ke bandara,” jelas Setia.

Saat ini Perum Damri juga berencana untuk menambah armada busnya demi mengejar target tersebut. “Kami rencana akan tambah sekitar 20-30 bus,” jelas Setia. Menurut Setia, dengan adanya JAC dari Damri diharapkan dapat meminimalisir jumlah penggunaan kendaraan pribadi ke Bandara Soetta. “Kalau 150 ribu (orang) yang datang ke bandara dan masing-masing menggunakan kendaraan pribadi, bisa dibayangkan bagaimana, pasti stuck,” tuturnya.

Bus JAConnexion rute Epicentrum-Bandara Soetta yang dioperasikan oleh Perum Damri dilayani dengan 10 unit bus. Bus JAC tersebut beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00 WIB sampai jam 18.00 WIB. Tarif bus JAC Epicentrum-Bandara Soetta sekali jalan dipatok Rp 40 ribu per orang. Dalam bus JAC penumpang dapat menikmati fasilitas koneksi free wifi, tempat duduk nyaman, dan charging outlet di setiap baris kursi.

Damri juga kabarnya kini tengah menyasar 3 atau rute tambahan dari dan ke Bandara Soetta. “Ada tiga ya, di Bintaro Jaya, Ciawi, dan Vimala. Kalau jurusan itu nanti tergantung dari perizinan,” pungkas Setia.