Bus Damri Kini Layani Rute dari Pondok Cabe ke Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) baru saja meluncurkan dari Pondok Cabe ke , Tangerang, Banten. Terminal yang baru diresmikan pada Senin (31/12/2018) lalu juga sekaligus meresmikan operasional bus Damri.

Bambang Prihartono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) - www.kricom.id

Bambang Prihartono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) – www.kricom.id

“Masyarakat Tangerang Selatan kini tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi jika ingin bepergian melalui Bandara Soekarno-Hatta, karena sudah ada delapan unit armada bus Jakarta Airport Connexion,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Senin (31/12), seperti dilansir CNNIndonesia.

Tak cukup sampai di situ, BPTJ juga memperkenalkan bus Transjabodetabek untuk memudahkan masyarakat Tangerang Selatan yang hendak bepergian ke sejumlah wilayah di Jakarta. Terdapat beberapa rute yang dilayani secara reguler dan juga premium.

Rute pertama adalah Pondok Cabe-Senen dan Pondok Cabe-Tanah Abang. Adapun untuk layanan bus premium jumlah armada yang disediakan mencapai 5 unit, sedangkan untuk bus reguler rute Pondok Cabe-Senen tersedia 10 unit. Lalu rute yang kedua adalah Pondok Cabe-Kampung Rambutan dengan jumlah armada 15 unit, ketiga adalah rute Pondok Cabe-Tosari/Bundaran Hotel Indonesia berjumlah 10 armada. “Untuk Transjabodetabek reguler dengan operator Mayasari Bakti yang akan melayani Pondok Cabe menuju Bekasi, Ciawi, dan Cikarang masing-masing lima armada,” ungkap Bambang.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, kelak armada bus tersebut akan memakai sistem pembayaran dengan tiket elektronik atau e-ticketing. Calon penumpang cukup menempelkan uang elektroniknya ke mesin pemindai yang ada di dalam bus. “Melalui single e-ticketing, melalui peningkatan layanan yang disiapkan diharapkan dapat bermuara pada tumbuhnya minat masyarakat menggunakan angkutan umum massal di Jabodetabek,” ucapnya.

Terminal Pondok Cabe yang baru saja diresmikan sendiri merupakan Terminal Tipe A yang dilengkapi dengan 33 PO Bus Antar Kota Antar Provinsi. “BPTJ punya empat terminal tipe A termasuk Pondok Cabe. Kedua ada di Jatijajar, ketiga Baranangsiang Bogor, keempat adalah Poris Plawad Kota Tangerang, karena itu karena dibangun Pemda kita segera mengoperasikan kalau tidak nanti terkesan mangkrak,” pungkas Bambang.