Bukan Damri, Ini Jadwal Bus Hiba Utama Rute Bandara Soekarno-Hatta ke Depok

Tingginya mobilitas warga Depok dan kebutuhan akan yang nyaman, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Depok akhirnya meresmikan pengoperasian bus – Depok Pergi Pulang (PP) pada tahun 2014 lalu. Kini trayek bus rute Depok – Bandara Soetta PP bukan dilayani oleh Damri, melainkan dilayani oleh armada bus Hiba Utama. PO Hiba Utama melayani perjalanan dari Bandara ke Depok adalah setiap jam, mulai pukul 04.00 WIB hingga 24.00 WIB dengan shelter yang berlokasi di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3.

Bus Hiba Utama - ayonaikbis.com

Bus Hiba Utama – ayonaikbis.com

Sebaliknya, untuk jadwal dari Depok dilayani setiap jam mulai pukul 02.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB di Terminal Bus Kota Depok dan Hotel Bumi Wiyata. Rute yang dilayani oleh bus Hiba Utama antara lain Terminal Depok, Jalan Margonda, Jl. Juanda Depok, Tol Cijago, Tol JORR 2 (Lingkar Barat), Tol Bandara, hingga sampai di Bandara Soekarno-Hatta.

“Rute yang dibuka itu diharapkan tidak hanya bisa dinikmati oleh warga Depok saja yang ingin ke Bandara Soetta, tetapi juga menjangkau warga wilayah lain yang berbatasan dengan titik keberangkatan itu,” kata Kepala Dishub Kota Depok, Gandara Budiana, beberapa waktu lalu seperti dilansir Tribunnews.

Harga tiket yang dipatok untuk rute Bandara Soekarno-Hatta ke Depok sekitar Rp 60.000 per orang. Tempat perhentian Bus Hibat Utama dari Depok ke Bandara Soekarno-Hatta antara lain, STM Mandiri, D Mall, Gang Beringin, Jl. Kedondong, Hotel Bumi Wiyata, STIAMI, Jl. HM Yusuf Raya, Jl. Haji Moch Naik, Komplek PELNI Depok, Jl. Ir. Juanda / Cisalak, Pintu Tol Cijago, Terminal 3, Terminal 1A, Terminal 1B, Terminal 1C, Terminal 2D, dan Terminal 2.

Setiap harinya ada sekitar 18 unit armada bus Hiba Utama yang siap memberangkatkan penumpang dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. “Dalam sepuluh tahun terakhir memang kebutuhannya semakin mendesak, dan selama ini kan haru ke Kampung Rambutan atau ke Pasar Minggu naik Damri yang rata-rata ternyata warga Depok juga, lalu mengapa enggak kami buat juga layanan ini,” ucap Sekretaris Organda Depok M Hasyim.

Fasilitas yang disediakan oleh PO Hiba Utama untuk melayani rute perjalanan Bandara Soekarno-Hatta ke Depok juga cukup lengkap. Setiap armada bus sudah dilengkapi fasilitas GPS tracking system, bagasi untuk menampung barang bawaan penumpang, serta konfigurasi tempat duduk atau kursi 2-2 yang lebih nyaman.

Pemesanan tiket bus Hiba Utama dari Bandara Soekarno-Hatta ke Depok kabarnya tidak bisa dipesan sebelum hari keberangkatan, sehingga para penumpang hanya dapat membeli tiket bus di Terminal Bus Kota Depok atau di shelter yang terletak di Bandara Soetta. Waktu tempuh bus Hiba Utama dari Bandara Soetta ke Depok dan sebaliknya pun cukup singkat, sekitar 1,5 jam, namun jika sedang macet bisa mencapai lebih dari 2-3 jam.