BPTJ Resmikan Bus Rute dari Serpong ke Bandara Soetta & Lebak Bulus

Tangerang – Badan Pengelola Jabodetabek (BPTJ) dan Perum PPD belum lama ini memperluas operasional bus Transjabodetabek premium dan Jakarta Airport (JA) Connexion tujuan Soekarno Hatta (Soetta) serta Lebak Bulus. Bus Transjabodetabek Premium (JR Connexion) dan bus JA Connexion resmi beroperasi antara Scientia Square Park (Summarecon Serpong) – dan Scientia Square Park – Lebak Bulus pada Rabu (12/6) kemarin.

Bus Transjabodetabek Premium (JR Connexion) - megapolitan.kompas.com

Bus Transjabodetabek Premium (JR Connexion) – megapolitan.kompas.com

“Dengan diluncurkannya bus oleh Perum PPD di wilayah Summarecon Serpong ini diharapkan dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk mulai menggunakan angkutan umum,” kata Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa, seperti dilansir Tempo.

Rute itu nantinya bisa digunakan oleh masyarakat sekitar dengan sebesar Rp 15.000 untuk bus Transjabodetabek Premium tujuan Lebak Bulus, sedangkan bus JA Connexion tujuan Bandara Soetta biayanya Rp 35.000. “Selain dapat mengurangi pemakaian kendaraan pribadi, juga secara tidak langsung membantu program pemerintah dalam mengurai kemacetan,” sambung Pande.

Setidaknya terdapat 10 unit bus yang dioperasikan untuk melayani kedua rute tersebut, dengan 6 unit di antaranya adalah bus Transjabodetabek Premium dan 4 unit lainnya merupakan bus JA Connexion. Supaya menarik minat para calon penumpang, bus-bus tersebut didukung dengan sejumlah fasilitas memadai seperti Wi-Fi, stop kontak charger, dan fitur reclining seat. Bus yang sedianya berangkat setiap 1 jam sekali rencananya akan dipersingkat menjadi 30-45 menit untuk setiap keberangkatan. “Semua kami lakukan karena kenyamanan penumpang merupakan prioritas,” jelasnya.

Adapun jadwal rute keberangkatan di Halte Scientia Square Park menuju Lebak Bulus dimulai pukul 05.45 WIB sampai jam 08.30 WIB. Sedangkan kepulangannya pada sore hari, yaitu pukul 17.00-20.15 WIB. Kemudian untuk bus JA Connexion di Halte Scientia Square Park ke Bandara Soetta berangkat mulai pukul 05.00 WIB sampai 20.00 WIB dan kepulangannya pada jam 06.15 WIB hingga pukul 21.15 WIB.

“Target kami tahun ini menyediakan 1.000 unit bus, sehingga akan kami siapkan di mana saja yang titik-titiknya diminta oleh masyarakat agar dioperasikan bus ini,” tutur Kepala BPTJ Bambang Prihartono pada kesempatan yang sama.

Pihak Summarecon Serpong pun berupaya terus mewujudkan fasilitas yang terintegrasi untuk mendukung aktivitas masyarakat luas. “Kolaborasi Summarecon dengan Perum PPD kali ini diperuntukkan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi kemacetan sekaligus memudahkan mobilitas warga Summarecon Serpong yang ingin ke kota Jakarta atau menuju bandara dengan lebih mudah dan nyaman,” tandas Executive Direktur Summarecon Serpong Magdalena Juliati.