Besok, Kloter Pertama Calon Jamaah Haji Berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA – Jika tidak ada halangan, kelompok terbang (kloter) pertama calon jamaah haji akan diberangkatkan pada Selasa (17/7) besok. Ada enam embarkasi yang direncanakan memberangkatkan calon jamaah haji, yaitu Padang ( Minangkabau), Lombok ( Lombok Praya), Solo ( Adi Soemarmo), Makassar ( Sultan Hasanuddin), Surabaya ( Juanda), dan Jakarta ( ).

Calon jamaah haji yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta - detik.com

Calon jamaah haji yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta – detik.com

“Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola bandara keberangkatan di Indonesia dan kedatangan di Saudi. Selain itu, komunikasi terus dijalin dengan maskapai dan Saudi Arabian Airlines,” jelas Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara, Pramintohadi Sukarno. “Saat ini, maskapai telah mendapatkan izin mendarat dan sot time dari Bandara King Abdul Aziz, dan Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah.”

Koordinasi dilakukan, sambung Pramintohadi, agar penyelenggaraan penerbangan haji tahun 2018 dapat terlaksana dengan lancar, selamat, aman, dan nyaman. Ia pun berpesan agar personel penerbangan yang mengoperasikan penerbangan haji ini bekerja dengan sepenuh hati. “Dengan bekerja sepenuh hati, insya Allah penerbangan akan berlangsung selamat, aman, nyaman, dan kita juga akan mendapatkan pahala yang berlimpah,” sambungnya.

“Garuda Indonesia telah menyiapkan 13 unit untuk menerbangkan calon jamaah haji asal Indonesia. Armada yang digunakan terdiri atas 5 unit Boeing B777-300 berkapasitas 393 seat, 3 unit B747-300 berkapasitas 455 seat, 4 unit Airbus A330-300 berkapasitas 360 seat, dan satu unit A330-200 berkapasitas 325 seat,” tambahnya. “Sementara, Saudi Arabian Airlines menyiapkan 18 unit , terdiri atas 11 unit Boeing B777-300 berkapasitas 410 seat dan 7 B747-400 berkapasitas 450 seat.”

Sesuai ketetapan Menteri Agama Nomor 124 tahun 2016 tentang Penetapan Embarkasi dan Debarkasi Haji, telah ditetapkan 12 bandara yang akan digunakan sebagai embarkasi dan debarkasi serta 5 bandara untuk embarkasi antara. Selain enam bandara di atas, tujuh bandara lainnya adalah Bandara Sultan Iskandar Muda, Bandara Kualanmu, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandara Hang Nadim, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, dan Bandara Syamsuddin Noor.