Beroperasi Besok, Ini Jadwal Operasional Skytrain di Bandara Soetta

Tangerang – Skytrain atau tanpa awak di akhirnya telah dinyatakan lulus sertifikat uji coba Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub. skytrain dijadwalkan resmi beroperasi di Bandara Soetta mulai hari Minggu (17/9) besok. Hingga kini pihak PT Angkasa Pura (AP) II masih menyiapkan segala penunjang operasional skytrain.

Dewandono Prasetyo Nugroho - www.tribunnews.com

Dewandono Prasetyo Nugroho – www.tribunnews.com

“Sertifikasi keretanya sudah. Sementara untuk sarana prasarananya, seperti jalur, keluar besok (Sabtu),” ujar Dewandono Prasetyo Nugroho, Manager Humas Bandara Soetta, Jumat (15/9), seperti dilansir Metrotvnews.

Nantinya skytrain belum dioperasikan secara penuh untuk menghubungkan seluruh , melainkan baru menghubungkan 3 ke 2 dan sebaliknya dengan jarak tempuh mencapai 1,7 km. Jika beroperasi penuh, skytrain akan melalui rute 3- 2- 1-Integrated Building- 3. “Dia menyambungkan Skytrain, bus, taksi dan juga kereta bandara. Pengguna kendaraan pribadi juga bisa menaik-turunkan penumpang di situ,” ungkap Pras.

Di samping itu, saat pertama kali beroperasi Skytrain hanya melayani penumpang pada jam-jam tertentu saja. “Dalam satu hari ada tiga jadwal yang telah kami tentukan, perjalanan perdana untuk umum ini dibuka pada Minggu 17 September,” ucap Yado Yarismano di Terminal 3 Bandara Soetta, Jumat (15/9).

Jadwal operasional Skytrain Bandara Soetta antara lain pada pagi, siang, dan petang hari. “Pagi dari pukul 07.00-10.00 WIB, lalu siang dari pukul 13.00-14.00 WIB, serta malam dari pukul 17.00-19.00 WIB,” ungkap Yado.

Saat pengoperasian perdana, AP II juga akan terus mengevaluasi fasilitas dari kereta tanpa awak tersebut. “Kebijakan pengoperasian sementara dengan tiga jadwal operasi yang telah ditentukan itu dilakukan, untuk mengevaluasi fasilitas tersebut serta mencatat jika masih ada kekurangan yang harus dilengkapi,” tutur Yado.

Lebih lanjut Yado mengungkapkan bahwa jadwal operasional sementara dari skytrain akan diterapkan sampai akhir tahun 2017 ini. “Jadwal ini disiapkan sampai akhir tahun, sambil menunggu kesiapan lainnya,” ucapnya.

Sebagai informasi, Skytrain terdiri dari 3 trainset yang masing-masing memiliki 2 gerbong. Satu trainset mempunyai kapasitas angkut hingga 176 penumpang dengan headway skytrain ditargetkan maksimal 5 menit. Sementara itu, waktu tempuh untuk mengelilingi seluruh terminal dan Integrated Building adalah 7 menit.