Beroperasi 2018, Uji Coba Kereta Bandara Soekarno-Hatta Bulan November

TANGERANG – Jika tidak ada aral melintang, direncanakan bakal mulai dioperasikan secara resmi pada awal tahun 2018 mendatang. Sebagai langkah awal, PT Kereta Api Indonesia () berencana melangsungkan uji coba kereta tersebut pada bulan November tahun 2017 ini.

Beroperasi 2018, Uji Coba Kereta Bandara Soekarno-Hatta Bulan November - tempo.co

Beroperasi 2018, Uji Coba Kereta Bandara Soekarno-Hatta Bulan November – tempo.co

Untuk mendukung operasional, PT KAI saat ini tengah mengebut penyelesaian kereta Bandara Soekarno-Hatta. Sebelumnya, pembangunan transportasi massal itu sempat terhenti karena terkendala pembebasan lahan. “Tetapi, saat ini sudah selesai karena dua pabrik yang lahannya terkena dampak sudah mau menyerahkan (lahannya),” jelas Senior Manager Corporate Communication PT KAI, Agus Komarudin.

“PT KAI sebelumnya telah memberikan tenggat waktu pada kedua perusahaan tersebut (PT Gabri dan PT Indotail) agar segera memindahkan barang-barang milik mereka hingga akhir Juli ini,” sambung Agus. “Setelah dipindah, barulah pembangunan jalur yang memasuki lintas Batu Ceper hingga arah M1 Bandara akan dilanjutkan. pembangunan diprediksi tidak akan lama, sebab sejumlah material barang sudah ada di lokasi .”

Agus menambahkan bahwa proses pembebasan lahan memang sempat terkendala karena berdampak pada lahan milik 13 pabrik. Proses pun sempat berlangsung alot karena terjadi tarik-menarik harga. “Nanti, kereta bandara ini akan diuji coba pada bulan November, dan kami akan mengecek ketahanan dulu,” imbuh Agus.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta, Suprapto, secara terpisah mengatakan kereta Bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi pada awal 2018. Saat ini, pihaknya memang mengejar target pembangunan yang harus selesai pada Desember 2017, sehingga kereta diharapkan sudah bisa beroperasi pada awal 2018.

“Nantinya, kereta bandara ini terdiri dari dua jalur, dengan jalur pertama yakni Stasiun Manggarai – Sudirman Baru – Duri – Batuceper – Bandara Soetta. Sementara, jalur kedua adalah Stasiun Jakartakota – Kampung Bandan – Duri – Batuceper – Bandara Soetta,” jelas Suprapto. “Total jalur KA bandara sepanjang 36,3 km dan jalur yang baru sepanjang 12,1 km dari Batuceper ke Bandara Soekarno-Hatta.”