Batik Air Layani Rute Penerbangan Yogyakarta-Bandara Soetta dan Palangkaraya

Jakarta Batik Air akhirnya resmi membuka Yogyakarta – , Tangerang – . Penerbangan perdana tersebut dilaksanakan sejak tanggal 29 Mei 2019 lalu dari Yogyakarta International Airport (YIA). Dengan demikian, Batik Air menjadi satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan dari Jogja ke Palangkaraya.

Batik Air

Batik Air resmi layani rute Yogyakarta ke Bandara Soekarno-Hatta dan Palangkaraya – kompas.com

Menurut Danang Mandala Prihantoro, Communication Strategic Lion Air Group, Batik Air berhasil mencatatkan sejarah dalam industri aviasi. “Batik Air maskapai pertama dan satu-satunya yang melayani jaringan reguler berjadwal di kedua rute dengan frekuensi terbang masing-masing satu kali per hari,” kata Danang, Sabtu (9/6), seperti dilansir Tribunnews.

Batik Air beroperasi menggunakan armada Airbus 320-200CEO registrasi PK-LUJ. berangkat dari Bandara , Tangerang, Banten pada pukul 08.00 WIB dengan nomor penerbangan ID-6372, kemudian dijadwalkan tiba di Bandara YIA jam 09.10 WIB. Kemudian kembali dari YIA pukul 14.10 WIB dan mendarat di Bandara jam 15.20 WIB.

Penerbangan selanjutnya dengan pesawat bernomor ID-6696 berangkat pukul 09.50 WIB dan tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya pukul 11.20 WIB. Penerbangan kembali dari Palangkaraya pukul 12.00 WIB dan tiba di YIA jam 13.30 WIB.

Pihak Batik Air sendiri menargetkan tingkat keterisian rute YIA menuju Bandara Soetta dan Palangkaraya lebih dari 75%. “Kami optimis kehadiran rute ini akan memberikan alternatif baru secara langsung dalam bepergian , yang menawarkan kemudahan perjalanan pebisnis dan dari Jakarta dan sekitar, Yogyakarta dan Kalimantan Tengah,” beber Danang. Tak hanya rute tersebut, Batik Air juga membuka rute Kulonprogo-Samarinda.

“Untuk lebaran tahun ini, kami bersyukur Bandara Internasional Yogyakarta telah beroperasi sehingga masyarakat yang ingin ke wilayah sekitar Yogyakarta bagian selatan dapat menggunakan angkutan udara,” sambung Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono.

Dengan dibukanya sejumlah rute penerbangan menuju Bandara Internasional Yogyakarta ini diharapkan dapat menyediakan pilihan perjalanan lanjutan menggunakan waktu keberangkatan yang tepat, sehingga destinasi seperti Jakarta, Kalteng, dan Jogja dapat ditempuh dalam jangka waktu yang relatif singkat, nyaman, aman, dan terjangkau.