Barang yang Dilarang untuk Dibawa oleh Penumpang Pesawat

Pernah mendengar istilah DG atau ? Ini istilah dalam penerbangan yang digunakan untuk -benda berbahaya dan berpotensi mengancam keselamatan penerbangan, kesehatan atau nyawa manusia, atau equipment terbang. Dalam dunia aviasi, ini dikelompokkan menjadi 9 kategori, yakni Explosive, Gas, Flammable Solid, Flammable Liquid, Oxdiding, Toxic, Radioactive, Corosive, dan Miscellonous.

Dangerous GoodsBenda-benda apa sajakah yang termasuk dalam Dangerous Goods tersebut? Berikut penjelasannya,

Benda Tajam dan segala bentuk senjata

Anda untuk membawa benda-benda tajam seperti pisau, pedang, dan lainnya ke dalam pesawat. Berbagai senjata non-sejam juga dilarang, seperti senapan, senjata api,katapel, atau senjata mainan sekalipun. Kalaupun Anda terpaksa membawanya untuk keperluan olahraga, Anda harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan perijinan di check in.

Benda Tumpul yang berpotensi menimbulkan cedera

Selain benda tajam, benda tumpul yang berpotensi melukai juga dilarang untuk dibawa dalam pesawat. Benda tumpul yang digolongkan berbahaya ini adalah pemukul baseball, tongkat bilyar, dayung, tongkat golf, kail pancing, skateboard dan berbagai perlengkapan bela diri lainnya. Benda-benda ini boleh dibawa, asalkan disimpan di bagasi check in.

Produk atau makanan yang berasal dari hewan

Produk-produk hewani seperti daging segar, susu segar, keju, yoghurt, dan sebagainya dilarang untuk dibawa karena ditakutkan mengandung bakteri patogen yang dapat menginfeksi atau kru dalam pesawat.

Cairan dengan volume lebih dari 100 ml

Anda tidak diperbolehkan membawa cairan apapun dengan volume lebih dari 100 ml per kemasannya ke dalam bagasi kabin pesawat. Meski begitu, obat-obatan dan makanan khusus untuk bayi dan penderita diabetes tetap menjadi pengecualian.

Bahan atau Benda yang berpotensi meledak

Pemantik dan korek api dilarang untuk dibawa di bagasi kabin pesawat, namun ada beberapa negara yang membuat pengecualian untuk aturan ini, seperti Cina, Bangladesh, India, dan Amerika Serikat. Selain itu, benda yang jelas dilarang adalah bahan peledak, baik untuk keperluan komersial atau militer seperti alat peledak, detonator, granat asap, bom peluru, granat, misil, tempat peluru (bagian senjata), dan ranjau. Aturan ini juga berlaku untuk produk imitasi dan replica dari kesemuanya.

Benda yang berpotensi melumpuhkan

Dalam kategori ini, disebutkan ada semprotan merica dan asam fosfor, serta benda-benda dengan fungsi sejenis.