Bandara Soetta Siapkan Booth Khusus Taksi Online

Tangerang Cabang Utama kini akan menyiapkan khusus untuk online yang telah terdaftar dalam Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol). PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Soetta memiliki solusi khusus demi menertibkan online yang hingga kini masih beroperasi secara diam-diam di sekitar Bandara Soetta.

Dewandono Prasetyo Nugroho - www.tribunnews.com

Dewandono Prasetyo Nugroho – www.tribunnews.com

Fasilitas yang disiapkan oleh PT AP II antara lain berupa booth di seluruh Terminal 1, baik A, B, dan C. Sedangkan untuk Terminal 2 tersedia di D dan F. “Untuk di Terminal 3, pengguna jasa dapat mengunjungi booth di internasional dan domestik. Layanan ini akan mulai beroperasi Senin, 23 Oktober 2017,” kata Manajer Komunikasi Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II Dewandono Prasetyo Nugroho di Tangerang, Jumat (20/10), seperti dilansir Liputan 6.

Dalam booth itu nantinya tersedia petugas operator yang akan melayani dan memberikan edukasi terhadap para pengguna jasa terkait pemesanan GrabCar lewat fitur GrabNow. Sementara itu sopir yang menjalankan taksi online diwajibkan menjadi anggota koperasi Inkoppol dan mempunyai SIM A umum dan seragam khusus.

“Kendaraannya juga berbeda dengan yang tidak terdaftar di Inkoppol. Taksi online tersebut telah berstiker khusus Bandara Soekarno-Hatta dan sudah dilakukan uji kelayakan atau KIR,” papar Prasetyo.

Sebagai informasi, Inkoppol sendiri sudah mengantongi izin dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek dan telah bekerjasama dengan perusahaan transportasi berbasis aplikasi, Grab. “Jadi Inkoppol ini mewadahi sopir taksi online. Hingga saat ini kami telah mengkonfirmasi baru Grab yang telah bekerja sama dengan Inkoppol. Ada pun unit yang nanti beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 500 taksi online,” tandas Prasetyo.

Seperti diketahui, sebelumnya para sopir taksi online biasa beroperasi secara ilegal karena mereka kerap menjadi bulan-bulanan dari petugas atau pengemudi taksi konvensional yang beroperasi secara resmi di Bandara Soetta. Kini setelah adanya fasilitas khusus tersebut, sopir-sopir taksi online itu pun bisa beroperasi secara leluasa di Bandara Soetta untuk menjemput atau mengantarkan penumpang.