Bandara Soetta Raih Peringkat Ke-7 Top 50 Megahubs International Index 2017

Jakarta kembali mencatatkan prestasi yang membanggakan di tingkat . Berdasarkan survei yang diselenggarakan oleh perusahaan Air Travel Intelligence, OAG yang berbasis di United Kingdom (UK), Bandara Soetta memasuki peringkat ke-7 Top 50 Megahubs International Index Tahun 2017, hanya selisih 1 poin dari Singapura.

Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin - solo.tribunnews.com

Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin – solo.tribunnews.com

Peringkat pertama Top 50 Megahubs International Index Tahun 2017 diduduki oleh Bandara Heathrow, selanjutnya di peringkat 2 ada Frankfurt, disusul Amsterdam, Chicago US, dan Toronto Canada. Survei Top 50 Megahubs International Index Tahun 2017 sendiri dilakukan oleh OAG dengan menggunakan basis data international seat capacity selama periode Juli 2016 hingga Juli 2017. Namun untuk kategori regional Asia Pasifik, bandara Soekarno-Hatta menduduki peringkat ke-2.

“Penetapan peringkat itu menggunakan basis data international seat capacity Juli 2016 sampai dengan Juli 2017. Terdapat 3 faktor stabilitas operasional yang mantap di Soekarno Hatta dan harus tetap dijaga secara maksimal. Yang pertama kesiapan bandara di sisi udara (air side), sisi darat (land side), dan ,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin di Jakarta, Jumat (6/10), seperti dilansir Pikiran Rakyat.

Faktor kedua yang mendukung Bandara Soetta adalah kecukupan SDM yang kompeten, serta yang terakhir adalah karena adanya peningkatan berkelanjutan terhadap efisiensi dan efektivitas operasi dalam smart airport. “Diraihnya peringkat ini, merupakan wujud dari komitmen AP II dalam melakukan pengembangan bandara nonfisik, di samping saat ini kami juga tengah melakukan pembangunan infrastruktur secara masif khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” tandasnya.

Pada survei Top 50 Megahubs Index yang diselenggarakan oleh OAG tahun 2016 lalu dengan menggunakan basis data departing schedule seat capacity, Bandara Soetta juga bertengger di posisi 7 dunia dan tergeser oleh sejumlah bandara yang ada di Amerika. Sementara itu, pada Top 50 International Megahubs, Bandara Soekarno-Hatta lagi-lagi masuk dalam peringkat sebagai World’s Busiest International Air Routes menurut routesonline.com, yakni pada rute Jakarta-Singapura mencapai posisi 2 dunia dengan jumlah penumpang selama 1 bulan sebanyak 322.488 orang.