Bandara Soetta & Palembang Dipersiapkan untuk Dukung Asian Games 2018

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II kini sudah mempersiapkan sejumlah dan yang dibutuhkan di , Tangerang dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang untuk menyambut digelarnya ajang bergengsi Asian Games 2018 yang berlangsung pada 18 Agustus – 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin - solo.tribunnews.com

Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin – solo.tribunnews.com

“Bandara kami di Jakarta dan Palembang siap mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018,” kata Direktur Utama PT AP II, Muhammad Awaluddin, Kamis (5/4), seperti dilansir Tempo. Menurut Awaluddin, ini sekaligus jadi tantangan bagi PT AP II untuk memberi dukungan dan pelayanan yang sama baiknya dengan Bandara Incheon Korea Selatan, sebab sebelumnya Asian Games digelar di Korea Selatan tahun 2014.

PT AP II sendiri memang diketahui bersinergi dengan sejumlah BUMN untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 lewat Games Administration, Games Support, dan Games Security. Pada aspek Games Administration, PT AP II akan mempersiapkan special gate dan space untuk proses akreditasi atlet sesampainya di bandara. Di bidang Games Support dukungan diberikan lewat tersedianya gate dan cargo handling untuk seluruh negara peserta Asian Games. Sedangkan aspek Games Security berupa tersedianya space dan security team di bandara untuk menyambut dan mengawal tamu VVIP.

“PT Angkasa Pura II (Persero) optimistis dapat memberi great first impression dan pelayanan yang baik kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Asian Games 2018 saat mereka pertama kali tiba di Jakarta dan Palembang. Sinergi AP II dengan BUMN lainnya dalam menjamu para tamu negara akan dilakukan dengan sebaik-baiknya,” ungkap Awaluddin.

Di Bandara Soetta kelak para atlet, ofisial, dan delegasi akan disambut ketika mendarat di Terminal 2 dan Terminal 3. Bandara Soetta sudah dilengkapi fasilitas kereta api (KA) Bandara dari dan ke pusat Kota Jakarta dan venue Asian Games 2018, serta fasilitas Skytrain atau automated people mover system untuk mempermudah mobilitas penumpang antar terminal.

PT AP II pun mengungkapkan bakal menyiapkan sejumlah fasilitas digital seperti way-finding kiosk, digital signage dan digital advertising display untuk menunjang kelancaran proses kedatangan atlet, ofisial, dan delegasi di kedua bandara. “Fasilitas digital di kedua bandara tersebut dan pelayanan digital tambahan melalui aplikasi ‘Indonesia Airports’ selama perhelatan Asian Games 2018 merupakan inovasi dan upaya kami yang selaras dengan semangat Energy of Asia untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh ,” tutupnya.