Bandara Soetta Kucurkan Rp 648 Juta untuk Modal Usaha PKL di Tangerang

– Para pedagang kaki lima (PKL) di Kota Tangerang baru saja menerima pinjaman modal hingga puluhan juta rupiah dari PT Angkasa Pura (AP) II. Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Kota Tangerang, Reynald Marinka mengatakan bahwa para pedagang kini semakin bersemangat dalam mengembangkan usahanya berkat dana pinjaman dari AP II.

Para pengusa kecil di Kota dan Kabupaten Tangerang mendapat pinjaman modal usaha dari PT Angkasa Pura II - tangerangnews.com

Para pengusa kecil di Kota dan Kabupaten Tangerang mendapat pinjaman modal usaha dari PT – tangerangnews.com

“Awalnya karena saya mendapat pinjaman Rp 15 juta. Setelah itu awal tahun ini saya meminjam Rp 50 juta. Setelah saya pinjam, saya ajak PKL yang lain,” kata Reynald, Kamis (23/3) di Hotel Ibis Budget, , Tangerang.

Reynald mengungkapkan bahwa ia mendapat BUMN memiliki program CSR usai memperoleh penjelasan dari pengusaha lokal di sekitar Bandara Soetta. Oleh sebab itu ia pun langsung berusaha datang ke Kantor Cabang Utama PT AP II.

“Ya bersyukur lah kita. Pinjam di Angkasa Pura II lebih mudah ketimbang ke Bank, tanpa agunan,” ungkap Reynald yang mempunyai usaha katering.

Kemudian sejumlah PKL lainnya pun turut meminjam uang, seperti pedagang jamu, pedagang keripik tempe, kerajinan tangan, hingga pedagang pecel lele. “Kalau kita bayar pinjaman, mereka juga kasih kita pinjam lagi, malah lebih besar,” ungkapnya.

Senada dengan Reynald, seorang pedagang jamu bernama Sarwi juga mengaku senang karena ada kemudahan pinjaman dana dari PT AP II. Sarwi berencana untuk membuka banyak kios jamu. “Saya ini awalnya usaha kecil-kecilan. Cuma dagang jamu di rumah saja,” jelasnya.

“Saya sudah pinjam 4 kali ke sini (KCU BSH),” jelas pria yang berdagang jamu di Kota Bumi, Tangerang. Awalnya Sarwi hanya meminjam Rp 10 juta. “Omzet saya sehari Rp 2 juta. Sekarang saya pinjam Rp 40 juta. Cicilannya Rp 1,8 juta per bulan dalam waktu 2 tahun. Saya mau memperbanyak toko – toko jamu di wilayah Tangerang,” imbuhnya.

Sementara itu Manager CSR Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, Komarudin mengatakan jika pihaknya kemarin telah meminjamkan dana sebesar Rp 648 juta. Tahun ini pihak CSR KCU Bandara Soetta ditargetkan akan memberi pinjaman Rp 3,1 miliar kepada para mitra binaan yang berada di Kota dan Kabupaten Tangerang.

“Hari ini mitra yang mendapatkan pinjaman ada 13 orang di Kota Tangerang dan 17 orang lainnya di Kabupaten Tangerang,” paparnya. Lebih lanjut Komarudin mengatakan jika para mitra bisa meminjam dana maksimal Rp 50 juta. Namun ada beberapa persyaratan agar dapat menjadi mitra. “Memang yang dibantu khusus  pedagang kecil. Ya syaratnya yang jelas harus punya usaha. Kami survei terlebih dahulu, bagaimana usahanya itu berkembang,” tandasnya.