Bandara Soetta Bakal Terapkan e-Money Untuk Bayar Parkir

Tangerang – Mulai bulan Oktober 2017 mendatang jalan tol akan menggunakan uang elektronik atau e-money. Tak ketinggalan, parkir di pun dalam waktu dekat ini juga akan memakai metode pembayaran non-tunai. Hingga kini sistem e-money sudah diberlakukan untuk membayar parkir di Terminal 3 dan . Nantinya sistem yang sama juga diterapkan di Terminal 1 dan Terminal 2.

tarif parkir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta - tangerangonline.id

tarif parkir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta – tangerangonline.id

“Metode pembayaran biaya parkir menggunakan e-money di Terminal 3 saat ini baru sebatas pilihan kepada pengguna jasa bandara,” ujar Maulidin Wahid Honre, Direktur Utama PT Angkasa Pura Solusi di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (21/9), seperti dilansir Tangerang Online.

Maulidin menambahkan bahwa sistem pembayaran dengan e-money juga akan diterapkan layaknya kebijakan pembayaran tarif jalan tol. “Harapannya sejalan dengan kebijakan tersebut, sehingga tingkat penggunaan e-money bisa meningkat,” kata Maulidin.

Pihak PT Angkasa Pura Solusi sendiri kini sedang membenahi sarana dan prasarana parkir di Terminal 1 dan Terminal 2 supaya bisa mendukung metode pembayaran non tunai. “Tahap berikutnya seperti itu, (card) reader sudah terpasang di Terminal 1 dan Terminal 2. Masih proses sinkronisasi dengan sistem parkir,” ungkap Maulidin. Ke depannya sistem pembayaran biaya parkir di Bandara Soetta seluruhnya menggunakan non tunai. “Arahnya menuju cashless,” pungkasnya.

Layanan parkir di Bandara Soetta sendiri ada beberapa macam. Yang pertama adalah parkir reguler yang diperuntukkan bagi pengunjung bandara atau penjemput yang tak membutuhkan waktu lama untuk memarkir kendaraan. “Parkir reguler ini berlokasi di area parkir Terminal 1 dan Terminal 2, serta gedung parkir Terminal 3,” ucap Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II Agus Haryadi.

Kemudian ada pula parkir inap yang ditujukan bagi para penumpang pesawat yang hendak menginapkan mobilnya di Bandara Soetta. Lokasi parkir reguler dan parkir inap sengaja dipisah untuk mengatur alur kendaraan di bandara dan juga memudahkan para penumpang.

Tarif parkir reguler berlaku sistem progresif, yaitu 1 jam pertama Rp 5.000, lalu tiap jam berikutnya Rp 4.000. Apabila kendaraan diparkir lebih dari 4 jam, maka tiap jam berikutnya dikenai Rp 10.000. Sedangkan biaya parkir inap mobil pribadi untuk 4 jam pertama Rp 30.000, dan tiap jam berikutnya Rp 6.000.