Bandara Soetta Alami Lonjakan Penumpang Saat Imlek


– Saat Tahun Baru kemarin, Sabtu (28/1) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengalami yang cukup tajam.

“Ada pelonjakan hingga 10 ribu penumpang saat Imlek ini,” kata Erwin Revianto, Chief of OIC Bandara , Sabtu (28/1). Sebagian besar penumpang yang memadati area Bandara berasal dari warga keturunan Tionghoa dan mereka terlihat berlalu-lalang di 2.

“Data yang kami himpun, kemarin-kemarin jumlah penumpang ada 177.404 orang. Kemudian terjadi pelonjakan menjadi 178.479 penumpang. Hingga sore hari sudah tercatat 63.740 penumpang. Asumsinya ini terus bertambah,” kata Erwin.

Suasana di Bandara Soetta pun semakin semarak berkat adanya berbagai gelaran menarik, misalnya saja kehadiran . sengaja dihadirkan untuk menyapa para penumpang. Para penumpang pun terhibur dan banyak yang memotret sang dengan ponsel.

“Namanya Dewa Uang, dari komunitas di Karawaci, Tangerang,” kata pria yang memakai kostum Dewa Uang Tersebut di Terminal 2 Soetta, Sabtu (28/1).

Dewa uang alias Cai Shen adalah Dewa kekayaan, harta, atau rezeki dalam mitologi China. Cai Shen banyak dipuja dalam kepercayaan tradisional masyarakat China, Taoisme, dan agama Buddha. “Kostumnya besar, beratnya lebih dari lima kilogram penutup kepalanya. Ada koin emasnya juga, kan namanya Dewa Uang,” paparnya.

Tak hanya Dewa Uang, Bandara Soetta diramaikan dengan di seluruh terminal. “Kami menyiapkan berbagai penampilan untuk merayakan Imlek. Ada , foto booth, dan lainnya. Kami menampilkannya di terminal 1, 2, dan 3,” ujar Eka Maria, Vice President Airport Bandara Soetta. Acara tersebut akan diselenggarakan sampai tanggal 5 Februari 2017 mendatang dan nantinya menjadi acara rutin tahunan.