AP II Luncurkan Virtual Customer Assistant (VICA) di 19 Bandara

Jakarta – PT (AP) II mengubah customer service yang sebelumnya berkonsep tatap muka, kini seluruhnya beroperasi secara virtual melalui call. Inovasi bertajuk Virtual Customer Assistant (VICA) adalah terbaru dalam aplikasi Indonesia Airports (INAirports) yang diperkenalkan oleh AP II

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT AP II - swa.co.id

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT AP II – swa.co.id

VICA bisa diakses lewat mana saja dan kapan saja melalui INAirports mulai Kamis (9/4) ini di gadget dan smartphone. Sejak dirilis pertama kali sampai tanggal 31 Maret 2020 lalu, aplikasi INAirports telah didownload sampai 303.325 kali di Android dan iOS. Selain iOS, VICA pun bisa diakses lewat situs www.angkasapura2.co.id dan aplikasi Zoom.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, VICA adalah langkah optimalisasi pemakaian informasi dalam ekosistem dan juga untuk mendukung pemberlakuan physical distancing di tengah pandemi (Covid-19).

“Mulai 9 April 2020, petugas customer assistant tidak melakukan tatap muka langsung dengan traveler atau pengunjung untuk mendukung physical distancing agar mencegah penyebaran COVID-19. Lebih dari itu, petugas customer assistant dapat menjangkau masyarakat lebih banyak karena layanan dilakukan dengan video call dari mana saja dan kapan saja melalui smartphone atau gadget,” tutur Awaluddin, Rabu (8/4), seperti dilansir Tangerangonline.

Layanan VICA bisa diakses lewat aplikasi INAirports dengan memilih icon menu berbentuk tiga garis di kanan bawah, kemudian pilih layanan VICA. Sedangkan di situs www.angkasapura2.co.id, layanan VICA dapat diakses dengan cara mengklik icon Contact Us di bagian bawah halaman muka. Lalu untuk Zoom, AP II bakal merilis Meeting ID dan QR Code supaya memudahkan travelers untuk mengakses layanan VICA di setiap bandar udara.

“Kami berharap dengan semakin lengkapnya layanan customer service maka PT Angkasa Pura II dan 19 bandara yang dikelolanya dapat lebih mudah dijangkau atau dihubungi oleh masyarakat luas. Komitmen kami adalah memberikan asistensi sehingga masyarakat dan travel bebas stres, bebas ribet, bebas dari kesulitan ketika berada di bandara-bandara PT Angkasa Pura II,” ungkap Awaluddin.

Semua layanan customer service tersebut diharapkan bisa digunakan masyarakat atau traveler dalam memperoleh informasi terkait travel advisory, informasi penerbangan, dan kebijakan di bandara-bandara AP II di tengah pandemi corona.