Masuk Low Season, Harga Tiket Pesawat Sejumlah Rute Domestik Turun

– Saat ini dari sejumlah sedang memasuki masa low season, terutama untuk penerbangan yang dilayani oleh berbiaya murah atau low cost carrier (LCC). Jika dibandingkan dengan tahun lalu, penurunan harga tiket pesawat kini cukup signifikan, mencapai sekitar 30-40%.

Suasana antrian di Terminal 3 Bandara Soekarno-hatta

Suasana antrian di Terminal 3 – tribunnews.com

Di sejumlah situs online travel agent, penurunan harga tiket pesawat ini terjadi hampir di semua domestik dengan periode penerbangan antara bulan Februari sampai April 2020. Adapun untuk wilayah timur seperti Jakarta-Makassar memasang tiket pesawat dengan harga terendah mulai Rp671 ribu dengan maskapai .

Harga tiket pesawat tersebut jauh lebih rendah dari tarif yang berlaku tahun 2019 lalu yang mencapai lebih dari Rp1 juta. Lalu untuk tiket rute Jakarta-Manado dibanderol antara Rp1,1 juta hingga Rp1,2 juta dengan pesawat Batik Air, lebih murah juga dari tarif tahun lalu yang dipatok Rp2 juta.

Tak jauh berbeda, rute penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Surabaya dipatok dengan harga termurah Rp435 ribu dengan , lebih murah dari harga tahun lalu sebesar Rp800 ribuan. Maskapai seperti AirAsia pun tak ketinggalan menawarkan tiket penerbangan untuk rute Jakarta-Surabaya seharga Rp471 ribu.

Penerbangan lain menuju Pulau Sumatera pun saat ini sedang turun. Misalnya untuk tiket Jakarta-Palembang kini harga termurah dibanderol Rp332 ribu untuk jadwal penerbangan Maret-April 2020 dengan pesawat Citilink. Lalu rute Jakarta-Padang harga tiketnya Rp708 ribu dengan Lion Air, dan untuk pesawat dari Jakarta ke Aceh dihargai Rp1 juta dengan Lion Air.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengungkapkan bahwa sejumlah maskapai LCC memang telah berkomitmen menurunkan harga tiket pesawat pada hari-hari tertentu saat low season 2020. Adapun harga tiket LCC rute domestik angkutan niaga berjadwal akan turun 30% hari Senin-Kamis tiap pekan. “Kebijakan ini adalah komitmen dari maskapai. Awalnya Garuda Indonesia dulu yang mulai. Nanti Lion Air biasanya mengikuti,” kata Budi, seperti dilansir Tempo.

Bulan Januari 2020 Budi juga mengatakan jika sejumlah maskapai memang telah menurunkan harga tiket pesawatnya. “Saya kemarin dapat kabar beberapa pihak udah dapat tiket murah,” ujar Budi. Diturunkannya harga tiket pesawat itu lantaran permintaan sedang sepi. “Kalau sekarang kan low season agak turun, hukum pasar lah,” tandasnya.