Lion Air Diam-Diam Naikkan Tarif Bagasi Berbayar ke Sejumlah Rute

Batam rupanya telah menaikkan lagi bagasi berbayar dalam . Menurut pantauan dari sejumlah agen penjualan pesawat online, kenaikan harga bagasi di tiap kota tujuan cukup variatif, mulai dari Rp20 ribu sampai Rp65 ribu per kilogram (kg).

Maskapai Lion Air - inipasti.com

Maskapai Lion Air – inipasti.com

Sebagai contoh, untuk penerbangan keberangkatan dari Hang Nadim Batam, biaya bagasi termurah ada pada rute Pekanbaru dengan tarif yang dipatok Rp75 ribu per 5 kg, naik sebesar Rp20 ribu dari tarif sebelumnya untuk harga bagasi rute Batam-Pekanbaru sebesar Rp55 ribu per 5 kilo. Sementara itu, harga bagasi termurah dari Batam jatuh pada penerbangan menuju Jakarta, yakni sebesar Rp205 ribu per 5 kg. Sebelumnya tarif bagasi Lion Air rute Batam-Jakarta dibanderol Rp140 ribu.

Lion Air memang diketahui menerapkan tarif bagasi yang berbeda-beda pada setiap rute penerbangan dan armada pesawat yang digunakan. Sebagai contoh, pada penerbangan berkode JT, Lion Air menerapkan tarif EBT (kelebihan bagasi yang dibayarkan sesuai berat aktual pada saat check-in di bandara) untuk rute Bandara (CGK) menuju Bandara Internasional Juanda (SUB) sebesar Rp30 ribu per kg.

Tarif kelebihan bagasi Lion Air rute Jakarta-Surabaya agaknya terpaut lebih mahal dibandingkan jika calon penumpang membayar pre-paid baggage. Adapun untuk rute yang sama, yakni Cengkareng-Surabaya harga prepaid baggage Lion Air hanya dibanderol Rp24 ribu per kg. Voucher bagasi yang dapat dibeli antara lain untuk paket 5 kg, 10 kg, 15 kg, 20 kg, 25 kg, dan maksimal 30 kg.

Kenaikan tarif ini rupanya berlaku sejak beberapa waktu lalu. Alhasil banyak masyarakat yang mengeluhkan kenaikan tarif bagasi yang dinilai tanpa adanya informasi dan sosialisasi terlebih dahulu dari pihak Lion Air. Menurut salah seorang penumpang, kenaikan tarif bagasi ini rupanya telah terjadi dari awal pekan ini.

“Baru aja tiket turun, itu pun cuma sedikit, masa udah naik aja harga bagasinya. Ini ga sesuai,” kata salah seorang calon penumpang bernama Sutina, seperti dilansir Kumparan. Ia mengaku berencana membeli bagasi untuk penerbangan ke Surabaya. Namun ia terkejut karena harus mengeluarkan biaya hingga Rp360 ribu untuk bagasi 10 kg.