Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Rapid Test, Ini Biayanya

TANGERANG – Untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi persyaratan terbang selama masa pandemi COVID-19, pihak saat ini menyediakan layanan tes cepat (rapid test). Dibuka untuk calon dan pengguna jasa bandara, untuk melakukan tes tersebut dipatok Rp225 ribu, belum termasuk surat keterangan bebas COVID-19.

Layanan rapid test penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta - www.medcom.id

Layanan rapid test penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta – www.medcom.id

“Layanan tersebut dapa ditemukan di Airport Health Center Terminal Kedatangan 2E,” papar Manager of Branch Communication Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Haerul Anwar, dikutip dari Merdeka. “Sementara, di Terminal 3, Airport Health Center terletak di lounge umrah Terminal Kedatangan Domestik Gate 5 atau sebelum pintu east lobby sebelum menuju gedung parkir domestik.”

Haerul menambahkan, untuk layanan rapid test di Bandara Soekarno-Hatta, dikenakan biaya sebesar Rp225 ribu, boleh untuk siapa saja, baik calon penumpang maupun pengguna jasa bandara lainnya. Namun, biaya tersebut belu, termasuk surat keterangan bebas COVID-10 sebagai prasyarat calon penumpang penerbangan domestik. “Jika memakai surat keterangan bebas COVID-19, ada tambahan biaya sebesar Rp55 ribu, atau total menjadi Rp280 ribuan,” sambung Haerul.

Jika calon penumpang berminat melakukan rapid test di Bandara Soekarno-Hatta, Haerul mengimbau agar datang lebih awal dari jadwal keberangkatan atau penerbangan. Pasalnya, pemeriksaan tersebut membutuhkan waktu. Sehingga, calon penumpang nantinya tidak akan ketinggalan pesawat yang malah merugikan mereka sendiri.

Nah, jika ingin yang gratis, masyarakat bisa datang pada hari Kamis (25/6) mendatang. Pasalnya, pada hari tersebut, Polresta Bandara Soekarno-Hatta menggelar rapid test gratis dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-74 di Terminal Keberangkatan 2E. Namun, rapid test cuma-cuma hanya tersedia untuk 500 peserta, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Peserta wajib mengikuti salah satu akun media sosial Polresta Bandara Soekarno Hatta, baik Instagram, Facebook, atau Twitter. Lalu, mengirimkan foto KTP dan foto tiket pesawat via WhatsApp di nomor WA 0896-6928-0092, 0812-8791-1994, dan 0812-1247-9985. Rapid test gratis ini khusus bagi pengguna jasa yang berangkat melalui Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dan diwajibkan datang 2 jam sebelum boarding.