Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Fasilitas Mobile Check-in di Terminal 1C

Tangerang – Dalam rangka memaksimalkan pelayanan selama musim mudik Lebaran 2018, PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola menyediakan mobile check in untuk mempercepat pergerakan . Fasilitas mobile check in tersebut disiapkan di Terminal 1C Soetta.

Erwin Revianto, Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soetta - m.merdekanews.co

Erwin Revianto, Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soetta – m.merdekanews.co

Layanan mobile check in tersebut mirip seperti self check in yang telah diterapkan sebelumnya di Bandara Soetta, tetapi dilakukan oleh customer service mobile yang bisa ditemui di berbagai area yang ada di terminal.

“Melalui customer service mobile ini, calon penumpang ditawarkan untuk proses check in menggunakan mesin yang mereka bawa,” ungkap Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Revianto, Jumat (1/6), seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Erwin menjelaskan bahwa layanan mobile check in ini sengaja disediakan di Terminal 1C untuk melayani penerbangan rute-rute domestik. Terlebih pada saat arus mudik Lebaran seperti sekarang ini biasanya sejumlah bandara, termasuk Bandara Soekarno-Hatta akan dipadati oleh para penumpang yang hendak bepergian ke berbagai destinasi. “Frekuensi penumpang akan meningkat tajam, kami berupaya mengurai kepadatan dengan menawarkan kepada penumpang untuk menggunakan fasilitas mobile check-in,” papar Erwin.

Layanan mobile check in biasanya ditawarkan oleh para petugas wanita yang membawa mesin printer dan sebuah gadget. Petugas tersebut biasanya bersiaga di selasar atau curbside Terminal 1C dan di counter check in. Penumpang yang tidak membawa bagasi dan menggunakan layanan mobile check in dapat langsung menuju security check point (SCP) dua atau pemeriksaan ke-2, untuk langsung menuju ke boarding lounge. “Tujuannya agar tidak antre dan lebih mempercepat proses dari cara konvensional,” beber Erwin.

“Namun, bagi penumpang yang membawa bagasi dapat menggunakan self-baggage drop atau dapat langsung menuju konter khusus dropping bagasi yang disediakan maskapai,” kata Erwin. Dengan adanya layanan khusus berupa mobile check-in ini Erwin berharap agar kepadatan penumpang di area tertentu selama arus mudik dan balik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta kelak dapat terurai.