Angkasa Pura II Canangkan Safe Travel Campaign di Seluruh Bandara

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II bersama para stakeholder meluncurkan kampanye Safe Campaign: Safe Airport for Safe Experience di 19 bandar udara yang dikelolanya. Safe Campaign tersebut dilaksanakan sejak tanggal 29 Juli – 4 September 2020, sekaligus menjadi deklarasi seluruh stakeholder dalam menjaga -bandara AP II di tengah kondisi pandemi (Covid-19).

Safe Travel Campaign – Twitter(@mawaluddin)

Dalam peluncuran Safe Travel Campaign, Direktur Utama Muhammad Awaluddin mengungkapkan bahwa kampanye ini bertujuan untuk mewujudkan pengalaman perjalanan yang aman, memastikan kesiapan operasional dan staf menghadapi new normal, serta membangun kembali kepercayaan dan keyakinan traveler untuk bepergian dengan pesawat.

Demi mencapai tujuan-tujuan tersebut, maka protokol kesehatan di bandara AP II, termasuk Bandara Internasional fokus pada 5 inisiatif. “Kelima Inisiatif itu adalah Physical Distancing, Health Screening, Touchless Processing, Facility Cleanliness & Sanitizing, dan People Protection. Penerapan inisiatif-inisiatif dilengkapi berbagai yang memanfaatkan digital guna meningkatkan kepercayaan publik,” katanya.

“Melalui protokol kesehatan, diikuti dengan kolaborasi erat stakeholder, serta tersedianya berbagai fasilitas teknologi digital, hingga tersebarnya fasilitas yang mendukung aspek kesehatan di bandara, kami ingin memastikan perjalanan dengan pesawat itu mudah, praktis, nyaman dengan tetap aman, di tengah status pandemi agar stabilitas perekonomian tetap berlangsung baik,” imbuh Awaluddin.

Awaluddin menambahkan, Safe Travel Campaign yang digagas oleh AP II ini adalah salah satu usaha dalam menjaga kepercayaan dari regulator setelah adanya kemudahan regulasi yang diberikan. “Perlu berbagai aksi nyata dalam penegakan protokol kesehatan dan kesadaran tinggi terhadap aspek keselamatan,” terang Awaluddin.

Sementara itu, Kepala Otband Bandara Soekarno-Hatta, Herson menuturkan jika pemerintah sudah menerapkan protokol untuk mencegah penularan Covid-19 di sektor . “Protokol itu harus dipenuhi oleh setiap stakeholder agar dapat tetap aman dan mencegah penyebaran COVID-19,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala KKP Kemenkes, Anas Maruf mengatakan bahwa Safe Travel Campaign akan membuat personel KKP Kemenkes di Bandara Soetta makin sigap dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru di sektor penerbangan.

Tak jauh berbeda, Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon B. Prawiraatmadja pun menegaskan sektor penerbangan perlu memberi kepercayaan lebih pada traveler terkait amannya penerbangan lewat berbagai protokol pencegahan Covid-19. “Kami mendukung Safe Travel Campaign yang dicanangkan di bandara-bandara PT . Hal ini sejalan dengan upaya sektor penerbangan kembali bangkit agar dapat semakin optimal menjadi penggerak pemulihan perekonomian nasional,” tandasnya.