Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Ruang Rapid Test Virus Corona

JAKARTA – PT Angkasa Pura II siap mendukung untuk pelaksanaan rapid test guna pemeriksaan immunoglobulin sebagai screening awal untuk . akan menyiapkan ruangan khusus sebagai lokasi rapid test para penumpang, seperti ruangan pertemuan dan ruangan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). 

Yado Yarismano, Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II - deladeni.com

Yado Yarismano, Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II – deladeni.com

“Ruangan pemeriksaan penumpang siap. Ada beberapa ruangan, ada banyak, ruang pertemuan juga kosong kan bisa. Di seluruh terminal akan disiapkan,” tutur Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, dilansir Kumparan. “Kami masih menunggu informasi. KKP masih menunggu. Misalnya ada informasi kapan, kami akan langsung koordinasi supaya cepat bisa dilaksanakan.”

Mewakili perusahaan, VP of Corporate Communication Angkasa Pura II, Yado Yarismano, mengatakan bahwa pihaknya pasti support untuk kegiatan rapid test ini. Meski demikian, ia masih belum bisa menjelaskan detail bandara mana saja yang akan menyediakan ruangan khusus tersebut. “Untuk bandara kami pasti support, jika memang perlu disiapkan ruangan khusus, kami akan dukung,” katanya. 

Pemerintah sendiri memang mulai melaksanakan rapid test atau tes cepat virus corona secara massal untuk pemeriksaan immunoglobulin sebagai screening awal. Rapid test dilakukan dengan spesimen darah, bukan lagi air liur di tenggorokan. Rapid test juga bertujuan mencegah penyebaran Covid-19, yang hingga saat ini sudah menginfeksi lebih dari 400 orang di Indonesia.

Untuk saat ini, PT Angkasa Pura II menyediakan lebih banyak titik mencuci tangan di area publik Bandara Soekarno-Hatta untuk mencegah penularan virus corona. Penambahan tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun itu antara lain dilakukan di area parkir kendaraan bermotor, area penjemputan, area tunggu pengunjung bandara, area dekat dengan titik pengambilan baggage trolley, dan area-area publik lainnya.

“Tempat cuci tangan yang baru tersebut melengkapi tempat cuci tangan yang sudah ada di seluruh toilet di bandara, baik yang ada di area publik atau di terminal penumpang pesawat,” terang Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. “Kesehatan adalah prioritas utama. Kami sangat berharap anjuran mencuci tangan sesering mungkin.”