Jumlah Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Anjlok Lebih dari 30%

Jakarta – Kebijakan work from home dan social distancing ternyata membawa dampak yang cukup besar pada , Tangerang, Banten. Dampak yang paling terasa adalah berkurangnya yang bepergian melalui Soetta.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II - bisnisjakarta.co.id

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II – bisnisjakarta.co.id

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan bahwa tren penurunan penumpang di Bandara Soetta ini telah berlangsung dari tanggal 16-29 Maret 2020. “Terjadi tren penurunan pergerakan penumpang pesawat di Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma yang menandakan masyarakat merespons baik imbauan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Awaluddin, Selasa (31/3), seperti dikutip dari Tribunnews.

Berdasarkan data PT AP II, pada 7 hari pertama periode stay at home dan work from home (16-22 Maret), jumlah pergerakan penumpang pesawat rute domestik di Bandara Soekarno-Hatta sebesar 763.633, kemudian pada 7 hari kedua (23-29 Maret) turun drastis sebesar 34,51% jadi 500.080. Sedangkan untuk pergerakan pesawat juga turun 34,22% dari 6.069 pergerakan menjadi hanya 3.992 pergerakan.

Penurunan ini bukan hanya dialami oleh Bandara Soetta, tetapi juga Bandara Halim Perdanakusuma sebesar 35,07% atau 86.653 penumpang. Kemudian 7 hari pada pekan kedua sebesar 56.265 penumpang. “Untuk pergerakan pesawatnya juga mengalami penurunan 18,82 persen atau dari 1.217 pergerakan menjadi 988 pergerakan,” sambung Awaluddin.

Berdasarkan data tersebut, diprediksi penumpang yang pergi ke luar Jakarta akan kembali lagi ke Jakarta sesegera mungkin. “Pergerakan pesawat masuk ke Jakarta lebih tinggi dibandingkan dengan keluar Jakarta. Data juga menyatakan bahwa penumpang yang keluar Jakarta, akan segera kembali ke Jakarta,” jelas Awaluddin.

Lebih lanjut ia menuturkan, selama kebijakan kerja dari rumah atau work from home, terdapat rute penerbangan favorit dari Bandara Soekarno-Hatta yang volume penerbangan hampir sama seperti penerbangan yang datang dari Jakarta.

“Indikasinya adalah pesawat yang datang ke Jakarta itu membawa kembali penumpang yang sebelumnya meninggalkan Jakarta. Adapun Top 10 destinasi rute domestik dari Soekarno-Hatta adalah Medan, Palembang, Padang, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Denpasar, Balikpapan dan Ujung Pandang,” kata Awaluddin.