AP II Prediksi Kenaikan Jumlah Penumpang 45% pada Libur Idul Adha

Jakarta – Pergerakan dan di , Tangerang, Banten diperkirakan bakal meningkat pada saat long weekend libur perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. PT Angkasa Pura (AP) II memprediksi peningkatan akan mencapai 45%.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II - bisnisjakarta.co.id

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II – bisnisjakarta.co.id

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan bahwa sampai dengan Selasa (28/7) kemarin terdapat 400-450 pesawat yang take off dan landing. “Sampai dengan akhir Juli ini masih terlihat berpotensi pergerakan (penumpang) meningkat di angka sekitar 35 sampai 40 persen menuju 45 persen,” ungkap Awaluddin di Bandara Soetta, Selasa (28/7), seperti dilansir Tangerangonline.

Awaluddin menambahkan bahwa pihaknya terus berupaya untuk mendorong kembali membuka penerbangan ke daerah tujuan yang sekarang ini masih belum dilayani atau berstatus tidak beroperasi (no operation).

“Maskapai juga kami imbau untuk mengaktifkan program penerbangan rute yang saat ini masih statusnya no operation dan frekuensi penerbangannya. Kita harap bisa bertambah sejalan dengan kebutuhan masyarakat di transportasi udara,” beber Awaluddin.

Selain itu, Awaluddin pun mengimbau agar masyarakat senantiasa disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan di penerbangan. Pasalnya, peningkatan pergerakan penumpang harus sejalan dengan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan standar protokol kesehatan.

“Yang paling penting, kami pastikan protokol kesehatan sejalan dengan aktivitas pergerakan masyarakat itu harus berjalan seimbang, masyarakat harus patuh dan disiplin. Wajib ikuti semua standar protokol kesehatan,” terang Awaluddin.

Masyarakat pun diminta untuk tetap melengkapi dokumen perjalanan yang menjadi syarat utama dalam perjalanan di masa pandemi Covid-19 ini. Terlebih karena prosedur pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan dokumen telah menjadi kenormalan baru di Bandara Soekarno-Hatta guna mendukung protokol kesehatan tetap berjalan.

“Itu harus dilakukan dan ini sudah jadi protokol di bandara bahwa pemeriksaan kesehatan, kelengkapan dokumen perjalanan harus ada. Kita harap sejalan dengan kepatuhan dan disiplin masyarakat tetap ikuti protokol kesehatan dan kami harap Agustus ada peningkatan dari yang tadinya 40 bisa ke 50 persen dan kita harapkan sampai akhir tahun untuk domestik sudah mulai di 55-60 persen,” ungkapnya.